Grup-3 Kopassus Canangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:48 WIB
loading...
Grup-3 Kopassus Canangkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi
Grup 3 Kopassus mencanangkan zona integritas dalam rangka menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Grup 3 Kopassus mencanangkan zona integritas dalam rangka menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pencanangan WBK/WBBM yang diadakan di Gedung Candrasa Grup 3 Kopassus ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pembendaharaan, Kepala KPPN V Jakarta Timur, Kapolres Jakarta Timur, Camat Pasar Rebo, Danramil Pasar Rebo, Kapolsek Pasar Rebo, dan para lurah desa binaan Grup-3 Kopassus, serta para perwira jajaran Kopassus. (Baca juga: Danjen Kopassus Tutup Pendidikan Komando Angkatan 104)

Acara yang dipimpin langsung oleh Komandan Grup-3 Kopassus Letnan Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan, ini diisi dengan dua kegiatan penandatanganan yaitu penandatangan pencanangan pembangunan Zona Integritas Grup-3 Kopassus dan Penandatanganan Fakta Integritas.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat yang melaksanakan penandatanganan antara lain, Komandan Grup-3 Kopassus Letnan Kolonel Elvino Yudha Kurniawan, Komandan Batalyon-31 Grup-3 Kopassus Mayor Inf Dhanang Agus Setiawan, dan Komandan Batalyon-32 Grup-3 Kopassus Mayor Inf M. Benrieyadin, serta Wakil Komandan Batalyon-33 Mayor Inf Yanto Hotman Parlindungan. (Baca juga: Pusdiklatpassus Kopassus Bentuk Sekolah Pertempuran Khusus)

Komandan Grup-3 Kopassus Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan dalam sambutannya mengatakan pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dilingkungan Grup 3 Kopassus ini merupakan bentuk kesungguhan Kopassus serta komitmen TNI AD dalam mencegah terjadinya praktik korupsi serta mewujudkan reformasi birokrasi yang akuntabel. Menurut dia, penerapan zona bebas korupsi ini adalah salah satu format yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa TNI AD terutama di Grup 3 Kopassus.

"Adapun tiga fokus sasaran yang dilaksanakan dalam reformasi birokasi adalah terwujudnya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, terwujudnya pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta terwujudnya peningkatan pelayanan publik," jelas Letkol Inf Elvino, Selasa (11/10/2020). (Baca juga: Pimpin Sertijab Dangrup, Danjen Kopassus: Lahirkan Ide dan Pemikiran Baru)

Sedangkan untuk mewujudkan WBK/WBBM, Grup-3 Kopassus memiliki tahapan dasar pembangunan Zona Integritas di antaranya, terbentuknya komitmen antara pimpinan dan seluruh anggota dalam pelibatan pelaksanaan reformasi birokrasi dengan menularkan semangat visi yang sama. Kedua, memberikan kemudahan pelayanan dengan menyediakan fasilitas yang lebih baik dan semangat hospitality atau keramahan untuk kepuasan publik.

Ketiga, dengan melaksanakan program yang menyentuh masyarakat melalui kegiatan program teritorial dan kesehatan Grup-3 Kopassus sehingga satuan kerja Grup-3 Kopassus dekat dengan masyarakat dan Kopassus. Keempat, melaksanakan monitoring masyarakat dan evaluasi dengan memantau kehadiran satuan kerja Grup-3 yang berkelanjutan sesuai dengan program satuan kerja Grup-3 Kopassus. Sekaligus memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap pada jalur yang direncanakan. Kelima, menetapkan strategi manajemen media sebagai sarana komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi yang telah dilakukan oleh satuan kerja Grup-3 Kopassus diketahui oleh masyarakat.

"Selaku Komandan Grup 3 Kopassus, saya mengajak kepada setiap prajurit dan PNS Grup 3 Kopassus untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya, dengan tidak melanggar nilai-nilai Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan aturan yang berlaku. Kepada Komandan Satuan Jajaran Grup 3 Kopassus, saya perintahkan agar mengawasi pelaksanaan tugas bawahannya secara terus menerus. Tingkatkan pengendalian dan pengawasan program yang dilaksanakan,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2481 seconds (0.1#10.140)