Bawa Galon Mineral Banyak, Bantuan RI ke Gaza Mampu Atasi Krisis Air Bersih

Jum'at, 19 Januari 2024 - 23:33 WIB
loading...
Bawa Galon Mineral Banyak, Bantuan RI ke Gaza Mampu Atasi Krisis Air Bersih
Kapal Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI AL membawa bantuan dari rakyat Indonesia demi mengatasi krisis air bersih di kawasan konflik Gaza, Palestina. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kapal Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 milik TNI AL menuju Mesir pada Kamis (18/1/2024). Kapal yang membawa bantuan dari rakyat Indonesia bakal mengatasi krisis air bersih di kawasan konflik Gaza, Palestina .

Selain membawa selimut, pakaian, susu, hingga makanan, kapal itu juga mengangkut ribuan air mineral baik dalam bentuk dus maupun galon. Pemberian ini merupakan komitmen dan dukungan perusahaan air mineral PT Tirta Fresindo Jaya untuk Pemerintah Indonesia untuk Palestina.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Arif Fakhrudin menuturkan Le Minerale telah mengirimkan bantuan berupa ribuan karton dan galon untuk Gaza.



“Itu artinya tidak hanya statement tapi konkret ada affirmative action. Menjadi suatu kebanggaan bagi produk nasional,” ujar Arif, Jumat (19/1/2024).

Langkah itu mendukung secara nyata dan sejalan dengan kebijakan luar negeri kita yaitu membantu warga Palestina dan juga in-line dengan ajakan MUI.

”Komitmen mereka sebagai bentuk bersolidaritas membantu rakyat Palestina, mengecam segala bentuk penjajahan, invasi, dan genosida. Artinya Le Minerale dengan imbauan MUI, amanat konstitusi, dan kebijakan negara sudah sesuai serta satu frekuensi,” kata Arif.

Seperti diketahui, pelayaran misi perdamaian ini akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arish – Jeddah – Batam dan kembali ke Jakarta. Misi yang dilakukan Satuan Tugas Muhibah/Port Visit ke Mesir 2024 memakan waktu pelayaran hingga kembali lagi ke Tanah Air ditargetkan selama 52 hari perjalanan.

Pelepasan misi perdamaian tersebut dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan didampingi KSAL Laksamana TNI Dr Muhammad Ali dari Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara.

Pengumpulan bahan bantuan dari masyarakat Indonesia telah dikumpulkan TNI AL sejak November 2023 yang terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta dan Komando Armada (Koarmada) II Surabaya.

Muhammad Ali menyampaikan TNI AL berkomitmen memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan, terutama agar dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional seperti memberikan bantuan kemanusiaan untuk saudara kita di jalur Gaza, Palestina.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)