Wacana Kubu Anies dan Ganjar Bersatu Harus Dipadukan Kekuatan Rakyat

Jum'at, 19 Januari 2024 - 21:37 WIB
loading...
Wacana Kubu Anies dan Ganjar Bersatu Harus Dipadukan Kekuatan Rakyat
Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo bersama Anies Baswedan dalam sebuah acara. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Wacana bergabungnya kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD disambut positif oleh sejumlah kalangan. Penggabungan itu dinilai sudah seharusnya dilakukan agar tercipta garis tegas antara penguasa dan rakyat.

Hal ini disampaikan pengamat politik Hendri Satrio menanggapi peluang bergabungnya kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam kemungkinan putaran kedua Pilpres 2024. Founder Lembaga Survei KedaiKOPI itu memandang perlu ada garis tegas antara yang ingin terus berkuasa dengan yang menginginkan demokrasi.

Menurut Hensat, sapaan akrab Hendri Satrio, komunikasi antara kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud juga harus melibatkan masyarakat sipil. Hal ini penting untuk melawan pihak yang ingin terus berkuasa dan menghancurkan reformasi.



"Komunikasi antarrakyat, komunikasi antara 01-03 (kubu Anies dan Ganjar), komunikasi antarpegiat demokrasi harus dilaksanakan dan implementasinya diwujudkan," kata Hensat dalam keterangannya dikutip, Jumat (19/1/2024).

Untuk diketahuim wacana bergabungnya kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud kembali berhembus pascadebat ketiga Pilpres pada 7 Januari 2024. Dalam debat itu, Anies dan Ganjar sama-sama melontarkan kritik tajam atas kebijakan pertahanan RI kepada capres Prabowo Subianto yang juga menjabat Menteri Pertahanan.

Di kesempatan terpisah, Anies dan Ganjar merespons positif soal wacana penggabungan dua kubu dan membuka peluang kerja sama dengan satu sama lain dalam kemungkinan putaran kedua Pilpres 2024. Anies secara terbuka menyampaikan ucapan HUT ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), partai yang menaungi Ganjar Pranowo. Anies bahkan melontarkan pujian kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri yang dinilai sebagai sosok yang konsisten berani menjaga demokrasi di Indonesia.

Tak ketinggalan Muhaimin Iskandar juga melontarkan pujian kepada Ganjar Pranowo ketika menyampaikan narasi perubahan dalam pidatonya saat peringatan HUT ke-51 PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

"Itu baru top. Top," kata Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, sambil mengacungkan dua jempolnya saat ditanya wartawan usai bertemu peternak ayam petelur di Blitar, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024).

"Intinya, I love Pak Ganjar" ucap Cak Imin masih dengan dua jempol.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)