Mahasiswa Dukung PPATK Ungkap Aliran Dana Kampanye ke Rekening Parpol

Kamis, 18 Januari 2024 - 20:27 WIB
loading...
Mahasiswa Dukung PPATK Ungkap Aliran Dana Kampanye ke Rekening Parpol
Barisan Mahasiswa (Bima) Indonesia mendukung PPATK mengungkap aliran dana kampanye ke rekening partai politik jelang Pemilu 2024. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Barisan Mahasiswa (Bima) Indonesia mendukung Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap aliran dana kampanye ke rekening partai politik jelang Pemilu 2024.

Mereka meminta Kepala PPATK Ivan Yustiavandana tidak takut mengungkap dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan partai politik.



"Aksi ini sebagai bentuk dukungan kami kepada Ketua PPATK agar jangan takut mengungkap kejahatan yang terkait dengan TPPU. Apalagi menjelang Pemilu 2024 ini ada transaksi super jumbo yang terindikasi kuat sebagai tindakan money loundry. Kami akan selalu bersama Ketua PPATK," ujar Koordinator Aksi Hidayat di depan Gedung PPATK, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan pernyataannya mendukung PPATK untuk mengawasi dugaan transaksi yang mencurigakan saat pemilu.

Hidayat menuturkan PPATK adalah lembaga yang sering mendapatkan penghargaan. Hal itu merupakan kebanggaan bahwa masih ada lembaga yang tetap konsisten mengawal demokrasi hingga hari ini.

"Dukungan terhadap PPATK adalah kewajiban bagi kita dan masyarakat untuk selalu menjaganya karena PPATK adalah kita," ucapnya.

Mahasiswa Umpam ini menyebut baru-baru ini PPATK mendapat fitnah dan intimidasi dari berbagai kelompok agar menghentikan tugas dan fungsi pengawasan terhadap aliran dana yang mencurigakan menjelang Pemilu 2024.

Menurut dia, hal ini tentu menjadi pelajaran bagi seluruh rakyat bahwa jika ada lembaga yang konsisten untuk tetap berdiri sebagai penyelamat bangsa maka harus didukung penuh oleh seluruh elemen.

“PPATK jangan takut menghadapi isu atau informasi yang menyalahkan. Itu hanya oknum-oknum yang menginginkan agar PPATK tidak bisa bekerja secara leluasa. PPATK harus tetap teguh dan tenang dalam menghadapi berbagai tekanan, masyarakat akan selalu berada untuk mendukung PPATK dalam menjalankan tugasnya," ungkapnya.

Di sisi lain tampak karangan bunga dari berbagai elemen masyarakat sebagai bentuk dukungan di depan Gedung PPATK.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)