Ada Sentimen Negatif pada Paslon Nomor Urut 2, TPN Ganjar-Mahfud Yakin Pilpres 2024 Dua Putaran

Kamis, 18 Januari 2024 - 20:03 WIB
loading...
Ada Sentimen Negatif pada Paslon Nomor Urut 2, TPN Ganjar-Mahfud Yakin Pilpres 2024 Dua Putaran
Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meyakini Pilpres 2024 bakal berlangsung dua putaran. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional ( TPN) Ganjar-Mahfud meyakini Pilpres 2024 bakal berlangsung dua putaran. Keyakinan semakin mantap setelah melihat sentimen negatif publik terhadap pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto meyakini pemilu tak akan berjalan satu putaran. Hal itu dilihat dari sentimen publik yang diperoleh dari hasil media analytics internalnya.

"Kalau dilihat dari media analytics tidak mungkin pemilu itu satu putaran, cenderung pemilu itu mengarah ke dua putaran dan sebetulnya persaingan antara 01, 02, 03 itu sangat ketat," kata Andi di Program iNews Sore, Kamis (18/1/2024).



Sentimen positif publik, kata Andi, justru dilayangkan kepada paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Disusul pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Kalau sekarang dilihat dari exposure, engagement kalau dibandingkan sentimen yang terkuat 03. Jadi urutannya, 03, 01, 02," kata Andi.

Sebelumnya, Andi menilai sentimen negatif publik terhadap Prabowo terbilang besar. Apalagi, setelah ada peringatan 17 tahun Aksi Kamisan hari ini.

"Sumbangan negatif ke paslon nomor 2 tentang aksi macam ini terasa dominan. Sementara ke paslon 01 dan 03 justru hadirkan sentimen positif, karena dianggap 01 dan 03 yg akan mampu hadirkan solusi kongkrit tentang penyelesaian HAM masa lalu," kata Andi.



Dari data media analytics yang dikelolanya, Andi membeberkan, sentimen negatif ke Prabowo bertepatan dengan Aksi Kamisan sudah menyentuh di angka -34,40. Agregat sentimen itu berbending terbalik kepada Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin.

"Kalau dilihat data yang saya dapat yang dihasilkan setiap hari kira-kira jam 11.00 siang saya mendapatkan data data ini, yang hari ini sentimen negatif Pak Prabowo itu sentimen negatifnya ada di -34,40," kata Andi.

"Itu berbanding jauh dengan misalnya Mas Ganjar yang ada di angka 62,20 positifnya, dan Mas Anies dan Cak Imin misalnya sama-sama berada di sektor positif, Pak Anies itu misalnya berada di 5,62 dan Muhaimin 12,78," kata Andi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)