Ganjar Pranowo Kagumi KRT Radjiman Widiyodiningrat sebagai Sosok yang Peduli Budaya Bangsa

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:56 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Kagumi KRT Radjiman Widiyodiningrat sebagai Sosok yang Peduli Budaya Bangsa
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengaku mengagumi sosok Dr KRT Radjiman Widiyodiningrat yang sangat peduli dengan kebudayaan bangsa. Foto/MPI
A A A
NGAWI - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengaku mengagumi sosok Dr KRT Radjiman Widiyodiningrat yang sangat peduli dengan kebudayaan bangsa.

Hal itu disampaikannya usai mengelilingi area Museum Roemah Voorzitter Van Het BPUPKI - Dr KRT Radjiman Widiyodiningrat di Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).



"Yang menarik Dr Radjiman ini orang yang sangat peduli pada budaya dan pakar budaya bangsa sehingga dia tuliskan bahwa apa pun kondisi Indonesia pada saat itu dimana Eropa Belanda masuk yang secara kebudayaan mempengaruhi, dia sampaikan kita harus selalu berpegang pada akar budaya," ujar Ganjar.

"Itu ditunjukkan masyarakat Jogja ternyata karena beliau dari sana dan di sanalah beliau. Kemudian beliau meyakini bahwa ternyata masyarakat Jogja itu kreatif. Dia mempertahankan budaya tapi tidak pernah meninggalkan kemodernan dengan kearifan yang dimiliki maka belajarnya tinggi," sambungnya.

Ganjar menjelaskan bahwa sosok KRT Radjiman merupakan anak seorang kopral. Ia mengutip karya tulis KRT Radjiman berkaitan dengan anak siapa pun bisa menjadi apa pun.

Ganjar yang diusung Partai Perindo pun menyampaikan pesan semangat bagi anak-anak muda agar tidak mudah menyerah. "Beliau anak seorang kopral, tapi kalau sama bapak saya masih lebih tinggi bapak saya dan dia tuliskan di dinding itu siapa pun bisa menjadi seorang dokter. Jadi artinya siapa pun bisa menjadi apa pun ini semangat untuk anak-anak muda agar tidak pernah menyerah," tuturnya.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, Ganjar disambut penjaga museum selanjutnya berdialog sambil keliling melihat karya tulis dari KRT Radjiman Widiyodiningrat. Ganjar pun terlihat membaca dan memotret karya tulis satu persatu.



Selanjutnya, Ganjar menyambangi rumah yang sempat ditempati KRT Radjiman Widiyodiningrat dengan melihat kondisinya saat ini.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)