Ganjar: Teladan Pemimpin Jadi Kunci Pencegahan Korupsi

Rabu, 17 Januari 2024 - 23:23 WIB
loading...
Ganjar: Teladan Pemimpin Jadi Kunci Pencegahan Korupsi
Capres cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menghadiri program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku integritas) Capres Cawapres di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024). Foto: MPI/Achmad Al Fiqri
A A A
JAKARTA - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai teladan pemimpin menjadi kunci mencegah praktik korupsi. Ganjar menyampaikan itu saat pidato di program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku integritas) Capres Cawapres di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024).

Ganjar menceritakan pengalamannya saat bertemu dengan anak buah dengan pangkat terendah ketika menjabat Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Dia bertanya alasan anak buahnya melakukan praktik korupsi.



"Saya bertanya sangat simpel sekali, kenapa anda korupsi? 'Disuruh Pak,' kalau kamu disuruh pimpinan mau minta katakan 100, berapa yang kamu cari? '200 Pak,' yang 100 buat siapa? 'Buat saya, saya bagi kepada teman-teman. Lalu apa yang terjadi? Yang terjadi nanti akan ditiru oleh semuanya," ujar Ganjar di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024).

Maka itu, Ganjar bertanya cara mencegah korupsi pada anak buahnya. "Gampang Pak. Ada teladan atau contoh dari pimpinan atau tidak? Pak kalau tidak ada, jangan mimpi tinggi-tinggi jangan ngomong muluk-muluk karena itu sebenarnya praktik yang dihadapi dalam demokrasi," kata Ganjar.

Dia teringat saat Pilgub Jateng 2013. KPK pernah datang ke Jateng dan menanyakan pertanyaan serupa pada kandidat terkait cara mencegah korupsi. Saat itu, dia merasa para kandidat memiliki komitmen tinggi untuk mencegah korupsi.

"Suasana lebih pada dialogis dan pada saat itulah semua punya komitmen tinggi, maka sebenarnya kita tunggu adalah bagaimana praktik kita berjalan," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)