Memorial Park IKN Telan Biaya Rp361 Miliar, Jokowi: Penghormatan bagi Pahlawan

Rabu, 17 Januari 2024 - 17:29 WIB
loading...
Memorial Park IKN Telan Biaya Rp361 Miliar, Jokowi: Penghormatan bagi Pahlawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). Foto/Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024). Jokowi menjelaskan, Memorial Park tersebut dibangun untuk menghormati para pahlawan dan pendiri bangsa yang telah menjadikan Indonesia merdeka.

"Memorial Park yang nantinya ini akan menjadi penghormatan kita kepada para beliau-beliau para pahlawan, pada pendiri bangsa yang telah bekerja keras untuk memerdekakan bangsa dan negara, serta rakyat Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya.

Memorial Park IKN dibangun di area seluas 2.034 meter persegi. Pembangunan Memorial Park IKN ini akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara dan akan menjadi salah satu hal yang menarik atau point of view di IKN.



"Juga nantinya ini akan biasanya kalau ada tamu-tamu negara, peletakan bunga juga akan dilakukan di Memorial Park ini," jelasnya.

Jokowi mengungkapkan bahwa Memorial Park tersebut dibangun dengan biaya kurang lebih Rp361 miliar dan dilengkapi dengan area altar, tangga, infrastruktur kawasan, dan lanskap. Pembangunannya ditargetkan akan selesai pada Agustus 2024.

Memorial Park ini juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2024. "Sekali lagi, tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, mengingatkan kita semuanya pada jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto.

Kemudian, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)