Operasi Damai Cartenz 2024 di Papua Diperpanjang, Langkah Polri Diapresiasi

Minggu, 14 Januari 2024 - 11:06 WIB
loading...
Operasi Damai Cartenz 2024 di Papua Diperpanjang, Langkah Polri Diapresiasi
Polri menegaskan komitmennya dalam menjaga stabilitas Kamtibmas di wilayah Papua, dengan memperpanjang pelaksanaan Operasi Damai Cartenz, Minggu (14/1/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Polri menegaskan komitmennya dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Papua. Hal itu dibuktikannya dengan memperpanjang pelaksanaan Operasi Damai Cartenz yang berlaku sejak tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2024.

Diperpanjangnya Operasi Damai Cartenz 2024 tersebut mendapat apresiasi dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Mahasiswa dan Milenial untuk Indonesia (AMMI), Arip Nurahman.

"AMMI mengapresiasi Polri yang memperpanjang Operasi Damai Cartenz 2024 ini, karena sebagaimana kita tahu di tahun sebelumnya telah banyak menorehkan prestasi dalam upaya menjaga Kamtibmas di wilayah Papua," ujar Arip dalam keterangannya, Minggu (14/1/2024).



Ia pun menyambut baik operasi ini tetap berfokus pada penegakan hukum terhadap KKB dan KKP. Pasalnya, upaya penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata dan politik dapat menciptakan Papua yang lebih aman dan damai.

"Penegakan hukum harus terus kita dorong karena aksi teror dan kekerasan yang dilakukan oleh KKB telah banyak menimbulkan kerusakan berbagai fasilitas umum seperti puskesmas dan sekolah, bahkan kekejaman KKB telah banyak menelan korban jiwa warga sipil asli Papua," terangnya.

Sebelumnya, operasi ini terus berfokus pada penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua.

"Operasi Damai Cartenz 2024 tetap memiliki fokus utama pada penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani dalam keterangannya.

Faizal menjelaskan, pendekatan yang diterapkan masih sejalan dengan pola kerja tahun-tahun sebelumnya. Fungsi operasi mencakup pembinaan masyarakat, deteksi, dan hubungan masyarakat, didukung oleh satuan tugas penegakan hukum.

Diketahui selama 2023, sebanyak 19 orang KKB yang dilumpuhkan, 124 orang dilakukan penegakan hukum, di antaranya sebanyak 25 orang sudah tahap P-21 (berkas perkara lengkap), 34 orang tahap penyidikan dan 65 tahap penyelidikan.

Dalam operasi tersebut, Personel Satgas Damai Cartenz 2023 berhasil mengamankan 32 pucuk senjata, 1.279 butir peluru, 25 magasin, 107 alat komunikasi, 31 senjata tajam, 334 barang bukti lainnya. Kemudian, Satgas Damai Cartenz selama 2023 berhasil menduduki 47 titik markas KKB.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)