Teladani Perjuangan Pendahulu Bangsa, Mahfud MD Ziarah ke Makam Mbah Ratu Ayu

Jum'at, 12 Januari 2024 - 17:22 WIB
loading...
Teladani Perjuangan Pendahulu Bangsa, Mahfud MD Ziarah ke Makam Mbah Ratu Ayu
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berziarah ke makam Mbah Ratu Ayu atau Syarifah Khadijah di Kelurahan Kersikan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Foto/MPI/agung bakti sarasa
A A A
JAWA TIMUR - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD berziarah ke makam Mbah Ratu Ayu atau Syarifah Khadijah di Kelurahan Kersikan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini mengatakan, Mbah Ratu Ayu merupakan tokoh perempuan penyebar agama Islam keturunan Kerajaan Mataram. Menurut Mahfud, semangat perjuangannya dapat menjadi contoh generasi saat ini.

"Melalui sejarah hidup beliau kita bisa mewarisi semangat perjuangan dan kelurusannya di dalam membimbing masyarakat,” katanya, Jumat (12/1/2024).



Sebagai perempuan penyebar agama Islam yang punya banyak pengikut, Mahfud juga menyebut Mbah Ratu telah menciptakan pemimpin-pemimpin dan pejuang besar semasa hidupnya. “Sehingga jasanya itu patut dikenang dan pelanjut-pelanjutnya juga membimbing masyarakat untuk kebaikan. Sehingga patut diteladani,” imbuh pendamping Capres Ganjar Pranowo itu.



Eks Ketua Mahkamah Konstutisi (MK) itu menyebut, jejak perjuangan Mbah Ratu Ayu sudah sepatutnya menjadi teladan bagi pemimpin bangsa saat ini. Terlebih, perjuangan tersebut disertai dengan rasa ikhlas dan tenggang rasa. “Bagi para pemimpin yang lahir dari beliau supaya semangat kepemimpinannya dan keikhlasannya dalam berjuang tanpa pamrih pribadi itu bisa kita teladani,” tutur Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud juga telah menziarahi sejumlah makam tokoh pendahulu bangsa, seperti KH Hasyim Asy'ari dan Sunan Drajat. Dalam napak ziarahnya, Mahfud berdoa untuk diberikan inspirasi berjuang seperti pendahulu bangsa. “Setiap saya berkunjung untuk minta kepada Allah agar saya diberikan inspirasi berjuang seperti beliau,” ucapnya.

Caption: Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berziarah ke makam Mbah Ratu Ayu atau Syarifah Khadijah di Kelurahan Kersikan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jatim, Jumat (12/1/2024).
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)