Debat Capres Ketiga Gaungkan Sistem dan Strategi Pertahanan Nasional

Kamis, 11 Januari 2024 - 17:40 WIB
loading...
Debat Capres Ketiga Gaungkan Sistem dan Strategi Pertahanan Nasional
Debat Ketiga Calon Presiden 2024. (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)
A A A
JAKARTA - Debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sukses diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta pada Minggu (7/1/2024). Debat Pilpres kali ini mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Tiga pasang calon telah mendeklarasikan visi misi mereka yang terkait dengan tema tersebut. Ketiganya membahas mengenai ide pembangunan kekuatan pertahanan, modernisasi alutsista, kesejahteraan prajurit TNI, hingga peningkatan mengatasi ancaman siber.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyampaikan gagasannya tentang pentingnya memperkuat pertahanan serta keamanan Indonesia, dan menjaga hubungan baik dengan negara tetangga.

Tidak hanya itu, dia turut mengkritik kebijakan pemerintah yang dinilai tidak efektif dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Jika terpilih menjadi presiden, dirinya berjanji akan meningkatkan anggaran pertahanan dan keamanan negara, serta memperkuat kerja sama dengan negara tetangga guna menghadapi berbagai ancaman.

Sementara itu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berbicara dengan tegas mengenai pentingnya memperkuat pertahanan dan keamanan negara, serta menjaga stabilitas politik dan ekonomi.

Tidak berhenti disitu, dia juga memberikan kritik terhadap kebijakan pemerintah karena dianggap tidak tegas ketika menghadapi berbagai ancaman yang ditujukkan ke negara.

Prabowo berjanji akan meningkatkan profesionalisme dan disiplin TNI, hingga memperkuat hubungan dengan negara lain guna menjaga perdamaian dan stabilitas negara.

Sedangkan Ganjar Pranowo dalam debat ini membahas mengenai menjaga kedaulatan dan keamanan Indonesia, pentingnya menjaga hubungan baik dengan negara tetangga. Tidak hanya itu, dia juga menekankan tentang kerja sama ekonomi dan perdagangan, hingga kesejahteraan rakyat.

Saat ini, dia menilai kebijakan pemerintah kurang berpihak kepada masyarakat. Oleh karena itu, Ganjar berjanji akan meningkatkan kesejahteraan rakyat, hingga menjaga kedaulatan dan keamanan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)