Kenang saat Jadi Gubernur Jateng, Ganjar: Suka Menginap dan Bedah Rumah Warga

Kamis, 11 Januari 2024 - 07:05 WIB
loading...
Kenang saat Jadi Gubernur Jateng, Ganjar: Suka Menginap dan Bedah Rumah Warga
Capres Ganjar Pranowo mengenang dirinya saat 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan berbagai kebijakan yang pernah dilakukannya selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo saat menginap di rumah kediaman salah seorang warga Waidah (55) di Jalan Arjuna, RT02/RW03 Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 10 Januari 2024 malam.

Waidah adalah seorang guru honorer SMP 5 Tegal. Dia merupakan ibu tunggal dari Fikri Haikal, alumni SMKN Jateng Semarang angkatan tahun 2017. Fikri saat ini diketahui tengah bekerja pada perusahaan farmasi di Jakarta. Berkat anaknya, Waidah dapat merenovasi rumah yang malam ini ditumpangi Ganjar Pranowo menginap.



"Sebenarnya kalau dulu konsepnya waktu gubernur itu satu serap aspirasi. Kedua, kita mencari, mohon maaf di keluarga yang agak ada masalah. Jadi ada intel kita kerja. Kadang-kadang saya dulu datang ke satu rumah. Ternyata dia itu punya mimpi besar rumahnya ingin diperbaiki," ujar Ganjar, Kamis (11/1/2024).

Dalam setiap kegiatan menginap di rumah warga, Ganjar mengaku selalu merasa terharu. "Maaf, jauh lebih jelek dari ini (rumah sederhana Waidah). Kadang-kadang saya agak terharu ada dua hal, bukan karena fisik rumahnya, itu kamar terbaiknya itu dipakai untuk saya, dia pindah. Value apa yang kita dapatkan adalah penghormatan terhadap tamu," kata Ganjar.



Ganjar menyebutkan untuk memastikan sasaran bedah rumah yang dia lakukan tepat sasaran, ia selalu menggunakan sejumlah indikator.

"Biasanya begitu saya pulang, saya bedah rumah, hadiahnya, kita kasih kejutan. Itu dari daftar umpama angka-angka kemiskinan yang ada, saya lihat fisiknya, kalau mau kita naikkan indeks-nya, pasti yang namanya rumah yang bersih, listrik, MCK, ya itu pasti jadi kepentingan pokok," tambahnya.

"Nah kalau kemudian kita mau meningkatkan atau menurunkan kemiskinan yang paling cepat kamu punya duit serbu saja itu, maka nanti kalau rumah kan ada Aladin, tahu Aladin ga? Ada atap, lantai dingin, Aladin. Nanti itu jadi skor-skor kemiskinan," ucapnya.

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo tiba di Bandar Udara Tunggul Wulung di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah pada Selasa, 9 Januari 2024 pagi. Kehadiran Ganjar Pranowo untuk melakukan safari politik Kampanye Pilpres 2024 di berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)