Sepanjang Sejarah, Indonesia Jadi Negara Pemberi Bantuan Kemanusiaan Terbesar ke Palestina

Rabu, 10 Januari 2024 - 18:38 WIB
loading...
Sepanjang Sejarah, Indonesia Jadi Negara Pemberi Bantuan Kemanusiaan Terbesar ke Palestina
Indonesia sebagai negara mayoritas penduduk muslim yang berhasil membuktikan kesungguhanya membantu rakyat Palestina yang saat ini tengah dijajah Israel. Foto/MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai negara mayoritas penduduk muslim berhasil membuktikan kesungguhanya dalam membantu rakyat Palestina . Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara pemberi bantuan kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah.

Hal ini disampaikan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Noor Achmad dalam kegiatan Laporan Bantuan Kemanusiaan Membasuh Luka Palestina bersama Pimpinan Baznas dan para Mitra Donatur, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (10/1/2024).

Diketahui acara itu, Baznas turut melaporkan total dukungan masyarakat Indonesia untuk Palestina per 31 Desember 2023 mencapai Rp187,907,229,611 atau Rp187 miliar. Di mana terdiri dari Rp93,29 miliar dari pengumpulan Baznas lalu sisanya Rp94,61 miliar.

"Kita target Rp250 miliar untuk bantuan kemanusiaan, rehabilitasi dan rekonstruksi. (Antusiasmenya) luar biasa dibandingkan dengan negara yang lain, Indonesia termasuk yang terbesar, kini sudah masuk real Rp187 miliar tapi hitungan kasar Rp210 miliar dan itu terbesar dalam sejarah bantuan kemanusiaan untuk saudara kita di Palestina," kata Noor.



Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan Indonesia sangat ditunggu oleh rakyat Palestina. Terlebih guna meringankan beban yang menimpa puluhan ribu orang di Gaza, Palestina.

"Kekuatan masyarakat Indonesia untuk membantu Palestina itu tidak main-main sehingga dengan demikian punya dua manfaat besar. Pertama membangkitkan semangat hidup untuk masyarakat Palestina, kita tidak membantu peperangan tapi kita membantu kemanusiaan," ucapnya.

"Kedua, akan memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia jumlahnya mayoritas muslim adalah teman dekat dari bangsa Palestina," sambungnya.

Sementara itu, Dubes RI untuk Mesir, Luthfi Rauf menyampaikan, pengelolaan dilakukan secara terorganisir sangat penting agar bantuan dari Indonesia baik dari sumber pemerintahan maupun publik dapat tersalurkan sesuai kebutuhan Palestina.

Dia pun berharap bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia dapat terus meningkatkan demi turut menurunkan beban rakyat Palestina.

"Model yang disalurkan Baznas dapat dijadikan contoh untuk penyaluran bantuan-bantuan selanjutnya. Kami atas nama Kedubes RI mengucapkan terima kasih atas kerja samanya yang telah diberikan selama ini sehingga bantuan yang disampaikan dapat tepat sasaran," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)