Ganjar Pranowo Beri Skor 5 Kinerja Kemhan, Jokowi: Tanyakan ke Menteri Pertahanan

Senin, 08 Januari 2024 - 08:59 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Beri Skor 5 Kinerja Kemhan, Jokowi: Tanyakan ke Menteri Pertahanan
Presiden Jokowi menanggapi pernyataan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang memberikan skor lima atas kinerja Kementerian Pertahanan (Kemhan). Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memberikan skor lima atas kinerja Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Menurut Jokowi, hal tersebut bisa ditanyakan langsung kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. "Tanyakan ke menteri pertahanan," kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Pamulang - Cinere - Raya Bogor, Senin (8/1/2024).

Diberitakan sebelumnya, Capres Ganjar Pranowo memberikan skor lima atas kinerja Kementerian Pertahanan saat ini. Hal itu dirinya sampaikam saat menjawab pertanyaan dari Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan.



“5 juga. Saya punya datanya dan kemudian akan sampaikan. Maka di meja saya sudah saya siapkan data satu persatu. Namun demikian Mas Anies, tentu saja ada yang ingin saya sampaikan dari apa yang tadi sudah saya utarakan,” kata Ganjar pada debat ketiga Pilpres 2024, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

Ganjar mengatakan ketika ingin membangun sistem pertahanan Indonesia, maka dalam perencanaan tidak boleh gonta-ganti. “Kita mesti ajeg, musti konsisten."



Kedua, kata Ganjar, saat ini perlu mendengarkan betul-betul dari seluruh matra dalam perencanaan alutsistan negara. “Maka seluruh proses perencanaannya harus bottom up. Sehingga saya ketemu dengan seseorang berpangkat cukup tinggi, pak kalau bapak kasih persenjataan kepada saya yang tidak saya butuhkan, sudah saya siapkan museum untuk saya taruh di sana.”

“Situasi seperti ini tentu tidak mengenakkan. Tapi ini harus kita buka apapun kondisinya untuk perbaikan bangsa. Kritik autokritik itu menyehatkan tidak ada kok rasa dengki di hati saya, yang ada adalah bagaimana rasa cinta Tanah Air ini mesti kita wujudkan, agar kemudian kita betul-betul bisa menjadi negara kuat di banyak area dan kita berbicara di dunia internasional di segani,” tambah Ganjar.

Ganjar pun mengatakan Presiden pertama Indonesia Soekarno atau Bung Karno telah menyampaikan bahwa daulat politik itu wajib. “Berdikari dalam bidang ekonomi musti dituju. Dan kita punya kepribadian dalam kebudayaan, sekarang daulat ekonomi pertahanan kita mesti kita tunjukan,” katanya

“Maka ketika banyak perusahaan-perusahaan waktu itu yang sangat strategis dibikin, itu mimpi sejak dari lama pendiri bangsa agar kita menjadi negara kuat. Dan itulah yang sebenarnya kita-kita yang harus meneruskan itu,” katanya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2540 seconds (0.1#10.140)