Komandan Secapa AD Pascavalidasi Organisasi, Nomor 4 Menjabat Hanya Sebulan

Sabtu, 06 Januari 2024 - 06:43 WIB
loading...
Komandan Secapa AD Pascavalidasi Organisasi, Nomor 4 Menjabat Hanya Sebulan
Acara tradisi penerimaan Komandan Secapa AD pada 2022. Acara ini menyambut Dansecapa AD baru waktu itu, Mayor Jenderal TNI Henra Hari Sutaryo. FOTO/DOK.SECAPA AD
A A A
JAKARTA - Jabatan Komandan Secapa AD pascavalidasi organisasi diduduki oleh jenderal bintang 2 atau berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen). Dari beberapa perwira tinggi (Pati), satu di antaranya mengemban jabatan Dansecapa AD hanya sebulan.

Secapa AD merupakan singkatan dari Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat, sebuah lembaga pendidikan pembentukan Perwira-Perwira TNI AD, selain Akademi Militer (Akmil). Mengutip sejarah di situs resmi Secapa AD, Sabtu (6/1/2024), sebelumnya Pendidikan Calon Perwira dilaksanakan oleh masing-masing kecabangan. Namun karena adanya perbedaan lulusan di masing-masih kecabangan, Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Umar Wirahadikusumah kemudian memprakarsai Pendidikan Calon Perwira dilaksanakan secara terpusat.

Akhirnya pada 8 Januari 1972 terbentuklah Secapa AD. Sebagai komandan pertama adalah Kolonel Infanteri S Banoearli. Tanggal itu kemudian dijadikan sebagai Hari Kelahiran Secapa AD yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat.



Seiring bergulirnya waktu, pada 1980, Komandan Secapa AD tidak dijabat oleh perwira berpangkat Kolonel tapi Brigadir Jenderal (Brigjen) atau jenderal bintang 1. Setelah validasi organisasi pada 2020, pangkat Komandan Secapa AD naik satu tingkat, yakni Mayjen atau jenderal bintang 2. Lalu siapa saja Komandan Secapa AD pascavalidasi organisasi?

Berikut ini Komandan Secapa AD pascavalidasi organisasi:

1. Mayor Jenderal TNI (Purn) Ignatius Yogo Triyono, MA

Komandan Secapa AD Pascavalidasi Organisasi, Nomor 4 Menjabat Hanya Sebulan

FOTO/WIKIPEDIA

Komandan Secapa AD pertama pascavalidasi organisasi adalah Ignatius Yogo Triyono. Lulusan Akmil 1988-A dari kecabangan Infanteri (Kopassus) ini menduduki jabatan itu dari 9 April 2020 hingga 18 November 2020.

Yogo Triyono merupakan prajurit TNI yang tumbuh dan besar di Kopassus. Beberapa jabatan awalnya di satuan elite TNI AD ini adalah Danunit, Dantim, Danden, Pasi Grup 1/Parako Kopassus. Kemudian ia dimutasi menjadi Kasi 1/Intel Grup 3/Kopassus, Wadanyon 32 Grup 3/Kopassus, Danyon 13 Grup 1/Kopassus, Pabandya Sintel Kopassus, Danse Spesialisasi Pusdiklatpassus, dan Waasops Danjen Kopassus.

Tentara kelahiran Cimahi, 16 Juni 1965 sempat ditugaskan di luar negeri sebagai Atase Pertahanan KBRI di Phnom Pneh, Kamboja (2009-2012). Tiga tahun di Kamboja, Yogo kembali ke Tanah Air menjadi Pamen Denma Mabesad dalam rangka pendidikan Sesko TNI. Selanjutnya dimutasi menjadi Pamen Ahli Gol IV Kopassus Bidang Nubika, Paban III/Siapsat Sopsad, dan Wasnsatintel Bais TNI.

Pada 2016, Yogo diangkat menjadi Danrem 171/Praja Vira Tama. Tiga tahun kemudian dimutasi sebagai Wasdanpusterad, Dansecapa AD, Pangdam XVII/Cenderawasih, Dankodiklat AD, dan Koorsahli KSAD. Pangkat terakhir Yogo sebelumnya pensiun adalah jenderal bintang 3 atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI.

2. Mayor Jenderal TNI (Purn) Ferry Zein

Komandan Secapa AD Pascavalidasi Organisasi, Nomor 4 Menjabat Hanya Sebulan

FOTO/WIKIPEDIA

Lalu ada nama Ferry Zein dalam daftar Komandan Secapa AD pascavalidasi organisasi. Abituren Akmil 1987 dari kecabangan Infanteri itu menjabat Dansecapa AD pada 18 November 2020-19 April 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)