Tingkat Kepuasan terhadap Presiden Jokowi Menurun, Akibat Pencawapresan Gibran?

Selasa, 02 Januari 2024 - 19:47 WIB
loading...
Tingkat Kepuasan terhadap Presiden Jokowi Menurun, Akibat Pencawapresan Gibran?
Presiden Jokowi memanfaatkan momen malam tahun baru 2024 untuk pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Kepala Negara menyempatkan menyapa masyarakat. Foto/Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Indonesia Politics Expert (IPE) merilis hasil survei mengenai tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo ( Jokowi ). Hasilnya, masyarakat kurang puas dengan kinerja presiden belakangan ini.

Direktur Survei dan Data IPE Agustanto Suprayoghi mengatakan, selain terhadap presiden, tingkat kepuasan juga menurun pada lembaga negara lainnya. Berdasarkan hasil survei tingkat kepuasan terhadap presiden menurun dari survei pertama diangka 69,34%, lalu 67,92% dan terakhir menurun di angka 64,35%.

"Hasil dari survei yang menunjukkan penurunan kepuasan masyarakat atau responden kami terhadap kinerja presiden dan lembaga negara itu menunjukkan bahwa masyarakat sadar memang negara ini tidak baik-baik saja," kata Agustanto dalam keterangannya pada rilis survei tersebut.



Agustanto menjelaskan, beberapa alasan masyarakat yang merasa kurang puas dengan kinerja Presiden Jokowi belakangan ini. Salah satunya terkait pencalonan anaknya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Pertama ternyata kasus pencalonan Gibran itu masih menjadi catatan penting bagi sebagian besar responden. Dan ini memang cacat presiden kita yang memang sudah tidak bisa ditutupi lagi," kata Agustanto.

"Yang kedua Presiden dianggap telah memobilisasi alat-alat negara sehingga pemilu akan tidak berlangsung secara jurdil," sambungnya.

Alasan lainnya, kata Agustanto, masyarakat menilai Presiden Jokowi saat ini tidak sama dengan yang dahulu mereka kenal. Menurut masyarakat, presiden tidak konsisten dalam memberikan statement.



"Responden beranggapan Presiden Jokowi sekarang bukan Jokowi yang dulu. Hal ini dikarenakan ketidakkonsistenan presiden yang memberikan statemen dari waktu ke waktu, seperti statemen presiden yang menyatakan anaknya tidak akan mencalonkan diri menjadi wapres, tetapi ternyata mencalonkan dan sebagainya," kata Agustanto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)