Karier Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Profesor yang Menjabat sebagai Sekjen KKP

Sabtu, 30 Desember 2023 - 08:52 WIB
loading...
Karier Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Profesor yang Menjabat sebagai Sekjen KKP
Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang kini menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (Sekjen KKP) memiliki riwayat karier yang cemerlang. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang kini menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (Sekjen KKP) memiliki riwayat karier yang cemerlang. Tak hanya itu, lulusan Sekolah Perwira Polri tahun 1993 tersebut juga menyandang gelar profesor dari Universitas Lampung dan dikukuhkan sebagai Guru Besar di Bidang Ilmu Media Kepolisian.

Penugasan Rudy Heriyanto sebagai Sekjen KKP didasarkan Surat Telegram Nomor ST/2749/XII/KEP/2023 dan ST/2750/XII/KEP/2023 tertanggal 7 Desember 2023. Atas promosi itu, Rudy yang sebelumnya menjabat Kapolda Banten naik pangkat menjadi Komjen Polisi.



Karier Rudy Heriyanto di kepolisian termasuk cemerlang meski bukan lulusan Akpol. Ia menjadi polisi melalui Sekolah Perwira Polri atau sekarang disebut Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Rudy merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila).

Dulu, SIPSS bernama SEPA (Sekolah Perwira) dan PPSS (Perwira Polri Sumber Sarjana). Ini adalah Pusat Pendidikan selama enam bulan untuk menghasilkan perwira Polri sumber sarjana dan bertindak sebagai unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri.

Karier Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho (H2)

Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho tercatat pernah menjabat sebagai Kasubbid Peraturan Bidang Kumdang Div Binkum Polri pada masa awal kariernya di kepolisian. Dirinya juga sempat menjadi Kapolres Cimahi pada 2010.

Tidak lama setelah itu, tepatnya 2011, Rudy lantas dimutasi untuk menjadi Kasubbagsun UU Bagsunkum Rosunluhkum Divkum Polri.

Setahun setelahnya, pria kelahiran 17 Maret 1968 tersebut lantas ditunjuk menjadi Kaden C Ropaminal Divpropam Polri.

Pada 2015, pria Jakarta 17 Maret 1968 itu bertugas menjadi Dirreskrimum Polda Metro Jaya. Kemudian menjadi Dirtipidter Bareskrim Polri pada 2017 dan Dirtipideksus Bareskrim Polri pada 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)