alexametrics

Bamsoet Ingatkan Masyarakat agar Proaktif dengan E-KTP

loading...
Bamsoet Ingatkan Masyarakat agar Proaktif dengan E-KTP
Ketua DPR Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat, khususnya di daerah yang bakal melaksanakan Pilkada tahun ini untuk segera melakukan perekaman e-KTP. (Foto/Ilustrasi/SINDOphoto/Dok)
A+ A-
JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat di seluruh Indonesia, khususnya di daerah yang bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini untuk segera melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Tujuannya, kata dia, agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Juni 2018 mendatang. Imbauan Bambang Soesatyo itu menyikapi banyaknya masyarakat di beberapa wilayah Indonesia yang hingga saat ini masih belum melakukan rekam e-KTP.

Selain itu, pria yang akrab disapa Bamsoet itu menilai, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) harus segera menuntaskan proses perekaman data e-KTP yang belum sepenuhnya beres.

Harapannya, masyarakat yang sudah mengantongi e-KTP bisa menggunakan hak pilih pada Pilkada 2018 yang digelar Juni mendatang. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, saat ini masih banyak masyarakat di beberapa wilayah Indonesia yang belum bisa merekamkan data diri untuk e-KTP.

Salah satu penyebabnya adalah alat perekaman data kependudukan  yang tak berfungsi sebagaimana mestinya. "Terutama fasilitas untuk perekaman data, seperti banyak persediaan alat perekaman e-KTP yang rusak dan tinta untuk cetak e-KTP habis," ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Legislator asal daerah pemilihan Jawa Tengah VII ini mendorong Kemendagri bersama dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) di daerah agar proaktif dalam memfasilitasi masyarakat untuk melakukan perekaman data e-KTP. "Terutama bagi pemilih pemula," paparnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak