Tren Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik Dinilai karena Solidnya Pendukung

Kamis, 28 Desember 2023 - 12:04 WIB
loading...
Tren Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik Dinilai karena Solidnya Pendukung
Paslon nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai memiliki pendukung yang lebih solid. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Faktor soliditas pendukung menjadi salah satu penentu dalam memenangkan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) dalam kontestasi Pilpres 2024.

Paslon nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dinilai memiliki pendukung yang lebih solid dibandingkan dengan paslon lain, mengacu pada hasil debat cawapres, Jumat (22/12/2023).

Penilaian tersebut dibeberkan oleh @spaplusplus, akun di jejaring sosial media X yang mengamati pola interaksi akun-akun pendukung ketiga paslon yang berlaga.

"Data Minspa menunjukkan kalau kelompok 03 menjadi akun dengan solidaritas tertinggi nih. Akun pendukung 03 interaksi antarpendukungnya paling tinggi disusul dengan kelompok pendukung 02 dan 01," tulis @spaplusplus dalam cuitannya dikutip, Kamis (28/12/2023).



Salah satu indikator soliditas tinggi pendukung paslon nomor urut 3 adalah dominasi sentimen positif dan netral untuk penampilan Mahfud MD pada debat cawapres. Hal ini berbeda dengan sentimen yang diperoleh palon lain.

Kendati paslon nomor urut 2 mendapat sentimen positif tertinggi, tapi penampilan pada debat juga tidak bisa lepas dari sentimen negatif yang tinggi. Sama halnya juga dengan paslon nomor urut 1, dominan sentimen yang diperoleh adalah negatif.

"Pendukung paslon 02 dan 03 saling serang. Pendukung 02 berupaya membentuk tiga kelompok jaringan interaksi yang memiliki fokus pembahasan yang terbagi-bagi. Salah satu momentum terciamik adalah pertanyaan SGIE. Sebaran SGIE awalnya mulai digencarkan di X dan lama-kelamaan pembahasan itu menyebar ke Instagram dan beberapa platform sosial media lainnya," tulis @spaplusplus.

Sementara itu, untuk komposisi akun bot, masih dalam analisis akun tersebut, paslon 2 memiliki jumlah akun bot tertinggi sekitar 10,24 persen, dibandingkan paslon 1 sekitar 9,36 persen, dan paslon 3 sekitar 8,98 persen. Artinya, paslon 3 memiliki pertumbuhan interaksi organik yang lebih baik daripada paslon lain.

"Berdasarkan temuan Minspa, kelompok 02 menjadi akun dengan bot tertinggi. Komposisi bot sendiri merupakan persentase dari jumlah bot terhadap total akun yang ada di dalam kelompok. Akun bot adalah akun dengan perilaku yang dapat diduga seperti bot karena pola cuitan yang sama atau mirip pada setiap akun," tulis @spaplusplus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)