Dialog dengan Perajin Mebel di Tempuran, Ganjar Dorong Optimalkan Sarana Digital

Selasa, 26 Desember 2023 - 18:17 WIB
loading...
Dialog dengan Perajin Mebel di Tempuran, Ganjar Dorong Optimalkan Sarana Digital
Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo mendorong para perajin mebel agar mulai mengoptimalkan sarana digital untuk memperluas penetrasi pasar dan meningkatkan daya saing industri mebel nasional. Foto/MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo mendorong para perajin mebel (furniture) agar mulai mengoptimalkan sarana digital untuk memperluas penetrasi pasar dan meningkatkan daya saing industri mebel nasional.

Hal tersebut disampaikan Ganjar saat bertemu dan berdialog dengan para perajin mebel di Tempuran, Bulakan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Ganjar mengungkapkan untuk memperluas pasar, pelaku usaha tidak cukup hanya mengandalkan acara-acara pameran yang biasa digelar oleh instansi pemerintahan, baik itu pemerintah daerah maupun kementerian.

"Ada banyak cara, tidak hanya lokasi yang strategis ketika pameran, tapi sudah harus mulai masuk pamerannya ke dunia digital," ujar Ganjar saat bincang-bincang dengan ratusan pengerajin mebel Tempuran, Bulakan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023).

Penggunaan sarana digital tersebut, lanjut Ganjar, bisa melalui website-website penting, sehingga pemasarannya bisa tiap hari dan semua orang bisa mengakses. Selain website, Ganjar juga menyarankan memanfaatkan media sosial. Dia mencontohkan akun media sosial itu bisa menggunakan nama 'Furniture Bulakan'.

"Produk mebel yang bagus, sudah dikurasi, bisa ditempatkan di situ. Kalau tidak website juga akun medsos. Biasanya banyak konsumen, apalagi luar negeri, mereka order berdasarkan desain, dan sekarang hampir semua pembeli ya, biasanya minta desain sesuai keinginan mereka," kata Ganjar.

Dalam kesempatan tersebut, Warsino, perwakilan dari perajin klaster Mebel Bulakan menyampaikan permasalahan yang masih dihadapi pelaku usaha mebel. Para perajin mebel di Bulakan, ungkap Warsino, sudah beberapa kali mendapat ruang untuk ikut pameran di Jakarta atas undangan dari kementerian terkait. Hanya saja, kerap kali para perajin ditempatkan pada stand-stand yang kurang strategis.

"Keluhannya fasilitas stand, lokasinya paling ujung jadi kurang strategis. Kalau stand yang strategis biasanya dikasih ke pengusaha-pengusaha yang modalnya luar biasa," kata Warsino.

Jumlah perajin mebel di Bulakan sendiri menurut pengakuan Warsino, kurang lebih 200 orang dengan masing-masing perajin punya pekerja 5-10 orang. Produk mebel yang diproduksi perajin di daerah tersebut yakni meja, kursi, lemari, tempat tidur, dan lainnya.

Selain mebel, Bulakan juga dikenal dengan masyarakatnya yang mengandalkan pendapatan ekonominya dari beternak dan sebagai perajin batik tulis. Warsino berharap kelak Ganjar Pranowo terpilih menjadi Presiden agar lebih memperhatikan pelaku UMKM seperti perajin mebel di Bulakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6006 seconds (0.1#10.140)