Kunjungi Pasar Nguter Sukoharjo, Ganjar Minum 2 Gelas Jamu

Selasa, 26 Desember 2023 - 11:56 WIB
loading...
Kunjungi Pasar Nguter Sukoharjo, Ganjar Minum 2 Gelas Jamu
Capres Ganjar Pranowo mencoba minum dua gelas jamu saat mengunjungi Pasar Jamu Nguter Dusun II, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023). FOTO/MPI/RIANA RIZKIA
A A A
SUKOHARJO - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengunjungi Pasar Jamu Nguter Dusun II, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (26/12/2023). Dalam kunjungan itu, Ganjar meminum dua gelas jamu.

Ganjar menjelaskan, dirinya mencicipi jamu dengan campuran kelapa. Hal itu unik, karena membuat jamu tidak lagi memiliki stigma kuno. Sehingga, kata Ganjar, anak muda pasti menyukainya.

"Tadi ada dua jamu. Saya minum dua gelas penuh, yang jelas jamu antihaus karena tadi habis keliling. Yang pertama tadi coco kunir asem. Jadi kunyit asam campur kelapa. Jadi kalau anak muda minum ini enak banget, ya kayak sirup gitulah," kata Ganjar di lokasi.



"Kedua tadi jahe, karena tadi kok suara agak gerok ya wah jamunya ini Pak. Jadi wartawan mesti nyobain jamunya," tuturnya.

Sebelum mencicipi jamu, Ganjar berkeliling pasar terlebih dahulu dan menyapa para pedagang. Bahkan, ia juga sengaja mendatangi beberapa kios untuk mendengar langsung keluhan masyarakat, terutama para pedagang jamu.

"Ini satu-satunya saya kira pasar jamu yang ada di Indonesia. Kalau yang lain biasanya pasar umum lalu ada jamunya, kalau ini memang didominasi oleh jamu," katanya.



"Yang menarik ada koperasinya, petani penanam pohonnya jualan ke sini, pabrikannya jualan ke sini, jadi pedagangnya jadi satu dan membuat koperasi," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1268 seconds (0.1#10.140)