Kapolda Jebolan Akpol 1992, Nomor 1 Peraih Adhi Makayasa

Selasa, 26 Desember 2023 - 06:13 WIB
loading...
Kapolda Jebolan Akpol 1992, Nomor 1 Peraih Adhi Makayasa
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono langsung melakukan sujud syukur begitu menginjakkan kaki di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis (21/10/2022). Foto/MPI/Rus Akbar
A A A
JAKARTA - Kepala Kepolisian Daerah ( Kapolda ) jebolan Akademi Kepolisian ( Akpol ) 1992 diulas dalam artikel ini. Nomor 1 dalam artikel ini adalah peraih Adhi Makayasa.

Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik TNI-Polri. Adapun mereka yang menerima penghargaan ini dianggap mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek secara seimbang, kepribadian (mental), jasmani, dan akademis.

Dari deretan Kapolda se-Indonesia, ada dua orang di antaranya merupakan lulusan Akpol 1992. Mereka adalah Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Suharyono dan Irjen Pol Winarto.

1. Irjen Pol Suharyono

Kapolda Jebolan Akpol 1992, Nomor 1 Peraih Adhi Makayasa

Foto/Dok Humas Polres Padang Pariaman

Suharyono adalah peraih Adhi Makayasa Akpol 1992. Pria kelahiran 2 Desember 1966, Temanggung, Jawa Tengah ini menjabat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar).

Suharyono dilantik sebagai Kapolda Sumbar oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Selasa, 18 Oktober 2022 di Mabes Polri, Jakarta. Pelantikannya saat itu bersamaan dengan sejumlah kapolda.

Pelantikan Suharyono berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/ 2223 /X/KEP/2022 pada Jumat, 14 Oktober 2022. Semula, jabatan Kapolda Sumbar diberikan kepada Rusdi Hartono untuk menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa yang terjerat kasus narkotika.

Akan tetapi, dua hari kemudian terbit surat telegram baru Kapolri yang memutuskan Kapolda Sumbar dijabat Suharyono. Sedangkan Rusdi digeser menjadi Kapolda Jambi.

Ketika kedatangan perdananya sebagai Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono langsung melakukan sujud syukur saat baru turun dari mobil penjemputan Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis, 21 Oktober 2022 siang.

Kedatangan Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono beserta istri disambut oleh Wakapolda Brigjen Pol Edi Mardianto, Pejabat Utama Polda Sumbar, dan beberapa Kapolres. “Selamat datang di Ranah Minang,” kata Brigjen Pol Edi Mardianto kepada Irjen Pol Suharyono dikutip dari laman resmi Polri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)