Kenakan Baju Adat saat Debat Cawapres, Mahfud MD Tuai Banyak Pujian

Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:41 WIB
loading...
Kenakan Baju Adat saat Debat Cawapres, Mahfud MD Tuai Banyak Pujian
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD saat mengikuti debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Debat Pilpres 2024 telah digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023) malam. Warganet atau netizen memuji baju adat yang dikenakan oleh pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ganjar memakai pakaian suku adat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ganjar terlihat memakai kemeja putih dipadukan dengan selendang tenun dan kain tenun khas NTT. Ganjar juga menambahkan topi khas masyarakat Rote bernama Ti'ilangga.

Sementara Mahfud MD menggunakan pakaian khas suku madura dengan kaus garis merah putih yang dibalut baju dan celana hitam. Mengenakan blangkon asli dari suku Madura membuat Mahfud semakin menujukkan jati dirinya sebagai putra Madura.



Perdebatan di dalam pilpres adalah peristiwa kolosal nasional dengan ribuan atau bahkan jutaan orang yang memperbincangkan lisan maupun tertulis.

Peneliti muda Continuum INDEF sudah satu dekade membangun AI atau machine learning untuk menganalisis percakapan di media sosial Twitter/X, YouTube, Facebook, dan lainnya. Big Data Continuum Indef penampilan Mahfud dengan menggunakan baju adat Madura menuai banyak pujian. Dari pukul 19.00-21.50 WIB terdapat sebanyak 7.125 akun Twitter/X melakukan perbincangan sebanyak 23.424 kali.

"Penampilan Mahfud dengan baju adat tuai pujian dari netizen," tulis Analis Continuum Indef yang disampaikan oleh Ekonom Senior dan pendiri Indef Didik J Rachbini, Sabtu (123/12/2023).

Secara isue, dalam debat Mahfud juga dinilai benar-benar menyampaikan pendapat sesuai dengan apa yang menjadi pengalaman selama mengabdi pada pemerintah.



"Selain itu, selama debat Mahfud MD benar-benar menunjukan pengalaman dan kapabilitasnya sebagai orang yang lama berkecimpung di pemerintah," katanya.

Tidak hanya itu, netizen menganggap Mahfud paling tegas dalam memerangi korupsi dibandingkan dengan calon lainnya. "Ketegasannya memerangi koruptor juga mendapatkan pujian dari warganet, dinilai hanya satu-satunya cawapres yang membahas secara tegas perlawanan terhadap koruptor," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)