Mahfud MD Dorong Afirmasi untuk Capai Kesetaraan Pendidikan

Jum'at, 22 Desember 2023 - 21:43 WIB
loading...
Mahfud MD Dorong Afirmasi untuk Capai Kesetaraan Pendidikan
Mahfud MD dalam konferensi pers usai dialog dengan masyarakat diaspora NTT se-Jabodetabek di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023). FOTO/MPI
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor 3, Mahfud MD menekankan pentingnya program afirmasi untuk mencapai kesetaraan pendidikan di Tanah Air. Menurutnya, daerah-daerah tertentu harus diperlakukan secara khusus, termasuk dari segi pembiayaan, agar kualitas pendidikannya setara dengan daerah-daerah lain.

Hal ini disampaikan Mahfud MD dalam konferensi pers usai dialog dengan masyarakat diaspora NTT se-Jabodetabek di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (19/12/2023).

Dalam konferensi pers itu, Mahfud ditanyai tentang program khusus yang cocok diterapkan di daerah-daerah yang belum mengalami pemerataan di bidang pendidikan. "Ya afirmasi, afirmasi dong," jawab mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.



"Kalau dalam ilmu konstitusi itu, ketidaksetaraan itu, untuk mencapai kesetaraan harus dilakukan afirmasi. Afirmasi itu artinya perlakuan tidak adil agar menjadi adil," katanya.

Menurut Mahfud, daerah-daerah tertentu harus diperlakukan secara khusus, termasuk dari segi pembiayaan, agar kualitas pendidikannya setara dengan daerah-daerah lain. Misalnya, pembiayaan untuk pendidikan di daerah-daerah di NTT harus berbeda dengan pembiayaan untuk daerah-daerah di Pulau Jawa.

"Misalnya kalau berlaku adil ya manusia di Jawa lebih banyak anggarannya harus lebih banyak dari NTT. Itu adil namanya," ujar Mahfud.

"Tapi kalau afirmasi, tidak. Ini yang orangnya sedikit harus disuntik dengan pembiayaan yang lebih besar dan beri fasilitas yang lebih besar. Itu namanya afirmasi," katanya.



Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus utama pasangan Ganjar-Mahfud. Kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan akan diperjuangkan, termasuk tenaga guru di luar dunia pendidikan formal.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3445 seconds (0.1#10.140)