Dukung Pembangunan RS Jantung di IKN, Pj Gubernur Kaltim Siapkan Dokter Spesialis

Rabu, 20 Desember 2023 - 20:12 WIB
loading...
Dukung Pembangunan RS Jantung di IKN, Pj Gubernur Kaltim Siapkan Dokter Spesialis
Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik akan menyiapkan dokter spesialis untuk mendukung pembangunan rumah sakit jantung dan stroke di IKN. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menegaskan, Kalimantan Timur mendukung pembangunan rumah sakit di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyiapkan tenaga dokter spesialis dari Kaltim.

Penegasan itu disampaikan Akmal Malik seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan RS UPT Kementerian Kesehatan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (20/12/2023).

Akmal mengatakan, pembangunan RS UPT Kementerian Kesehatan di kawasan Ibu Kota Nusantara, menyusul pembangunan tiga RS swasta sebelumnya yang sudah digroundbreaking Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Pembangunan ini harus disikapi dengan menyiapkan SDM di bidang kesehatan yang andal.



“Tadi Pak Menkes tanya, kami lagi nyari dokter spesialis yang mau tugas di sini. Saya harap dokter spesialisnya dari Kaltim,” kata Akmal.



Dia mengatakan, saat ini Pemprov Kaltim banyak menyekolahkan dokter di Kaltim untuk menjadi dokter spesialis. “Dengan program beasiswa yang selama ini sudah diberikan kepada para dokter mereka bisa mengabdi di IKN nanti,” jelas Akmal.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta, Kementerian PU juga membangun dan menyiapkan sarana maupun prasarana untuk dokter dan dokter spesialis yang akan bertugas di RS UPT Kementerian Kesehatan di IKN. Sehingga mereka tertarik untuk bertugas di sana. “Kami saat ini sedang mencari Pak, karena dokter spesialis ini beda dengan ASN dan TNI yang jika diperintah langsung jalan,” ujarnya.

Pembangunan RS UPT Kementerian Kesehatan di IKN bakal menelan anggaran sebanyak Rp550 miliar lebih, bertipe A berkapasitas 250 kamar dengan spesialisasi untuk perawatan jantung dan stroke.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)