5.000 Calon TKI Dilatih Berbasis Kompetensi

Jum'at, 09 Februari 2018 - 12:29 WIB
5.000 Calon TKI Dilatih Berbasis Kompetensi
5.000 Calon TKI Dilatih Berbasis Kompetensi
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan melatih 5.000 calon tenaga kerja Indonesia (TKI) sebagai proyek percontohandi Balai Latihan Kerja (BLK) Semarang, Lembang, dan Serang.

Melalui pelatihan ini, pemerintah menginginkan adanya tata kelola baru bagi TKI. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengatakan, sesuai UU No 18/2017 tentang Pelindung an Pekerja Migran, pemerintah memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja kepada calon TKI.

”Di harapkan permasalahan pekerja migran Indonesia dapat ditangani secara lebih mudah karena sesuai prosedur dan lebih mudah untuk menelusurinya,” katanya saat penandatanganan nota kesepahaman tentang pelatihan TKI dengan Tahir Foundation.

Dalam kerja sama ini, Tahir Foundation akan memberikan bantuan pelatihan bagi 5.000 calon TKI berbasis kom petensi dan per alatan di BLK. Chairman Tahir Foundation Datoí Sri Tahir berharap dalam kurun waktu lima tahun lagi tidak ada pekerja Indonesia di luar negeri yang berstatus hanya sebagai pembantu rumah tangga, tetapi menjadi pekerja yang memiliki status tinggi dan memiliki gaji layak. (Neneng Zubaidah)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0649 seconds (0.1#10.140)