Bertemu Megawati di Vatikan, Paus Fransiskus Pesan Jaga Kerukunan Umat Beragama

Selasa, 19 Desember 2023 - 12:10 WIB
loading...
Bertemu Megawati di Vatikan, Paus Fransiskus Pesan Jaga Kerukunan Umat Beragama
Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan. Ada beragam topik yang dibahas. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, pada Senin (18/12/2023). Ada beragam topik yang dibahas dalam pertemuan keduanya.

Sejumlah hal yang menjadi perhatian diantaranya, soal kerukunan antar umat beragama dan ancaman perubahan iklim yang membahayakan alam dan manusia.

"Ketika saya bertemu dengan rombongan, memang beliau (Paus Fransiskus) meminta untuk supaya apa yang terjadi di Indonesia dalam kehidupan kerukunan beragama agar diteruskan," kata Megawati dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (19/12/2023).

Sementara, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP, Puan Maharani yang turut ikut dalam pertemuan itu menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sangat menaruh perhatian serius dalam menjaga perdamaian dunia.



Puan menyebut, Megawati turut menyampaikan bagaimana persoalan climate change atau perubahan iklim sangat memengaruhi dunia terkait apa yang terjadi dengan situasi hari ini.

"Dan kemudian, Paus Fransiskus memberikan masukannya bahwa kita sebagai sesama manusia harus sama-sama menjaga perdamaian, kemudian toleransi beragama tetap dijaga dan bagaimana dunia sekarang dan masa depan itu dijaga perdamaiannya,” ujar Puan menirukan pesan Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus, kata Puan, juga mendorong agar Indonesia terus mempertahankan dan saling menjaga nilai toleransi antat umat beragama. Apalagi, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

“Indonesia yang terdiri dari berbagai agama walaupun merupakan negara muslim terbesar, kami juga melakukan toleransi. Dan Paus Fransiskus menyampaikan bahwa hal itu harus tetap dipertahankan, dan kita harus sama-sama menjaga agar toleransi beragama dan perdamaian yang ada di dunia bisa tetap terjaga,” jelas Puan.

Puan juga menegaskan tidak ada pembicaraan soal politik dalam pertemuan Megawati dan Paus Fransiskus. "Kita enggak bicara politik, kita bicara tentang bagaimana kita berama-sama menjaga perdamaian," tegasnya.

Dalam kesemapatan itu, Megawati didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)