Tiga Strategi Jitu Ganjar Pranowo Turunkan Harga Bahan Pokok

Selasa, 19 Desember 2023 - 02:20 WIB
loading...
Tiga Strategi Jitu Ganjar Pranowo Turunkan Harga Bahan Pokok
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menggelar konsolidasi relawan pemenangan di Rest Area Bumdes, Desa Beran, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Senin (18/12/2023). Foto: Tim TPN Ganjar-Mahfud
A A A
WONOSOBO - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memaparkan tiga strategi jitu untuk menurunkan harga bahan pokok. Strategi tersebut telah sukses diterapkan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode dan akan diterapkan di tingkat nasional.

Strategi itu disampaikan Ganjar saat ditemui di acara konsolidasi relawan pemenangan di Rest Area Bumdes, Desa Beran, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Senin (18/12/2023).

Dia mengungkapkan strategi yang pertama adalah terkait data sehingga pemerintah harus memiliki satu data pertanian seluruh Indonesia.



"Yang pertama pendataan, lahan petani dan petaninya. Maka dengan sistem pendataan yang baik atau satu data pertanian Indonesia, insyaallah akan mempermudah dalam pengelolaan ketahanan sampai kedaulatan pangan kita," ujar Ganjar, Senin (18/12/2023).

Kedua, pentingnya peta komoditas Indonesia lantaran keberagaman komoditas sangat dibutuhkan agar tidak tertuju dalam satu jenis pangan yang diproduksi.

"Maka saya katakan, yuk kita kembali pada kekuatan lokal. Maka kalau terdata dengan baik input dan output sudah terlihat, baru kita akan bicara kuantitas berapa yang bisa diproduksi sesuai dengan kebutuhan penduduk," jelas Ganjar.

Jika produksi pertanian melebihi angka kebutuhan, maka pemerintah bisa mengekspor ke negara yang membutuhkan agar menjadi pendapatan perekonomian untuk negara.

Kemudian yang ketiga yakni pemerintah harus menyediakan bantuan sarana produksi (saprodi) dan sarana produksi pertanian (saprotan) kepada petani, termasuk modernisasi dalam kegiatan pertanian.

"Sampai titik itu kita mulai bicara saprotan dan saprodi apa yang diberikan untuk sarana produksinya dan pertaniannya. Maka modernisasi juga dilakukan, termasuk kemudian menyiapkan pupuk, obat, alat dan mesin pertanian (alsintan) selama proses sampai keluar menjadi produk," ujarnya.

Selain perihal kualitas dan kuantitas produksi, Ganjar bakal mengembalikan fungsi Bulog agar pangan tidak diliberalisasi. Sehingga, keberadaan Bulog mampu menjaga stabilitas harga dari tingkat produsen hingga pasar.

"Bulog dikembalikan pada fungsi awal yakni Bulog yang nantinya membeli hasil produksi langsung dari petani. Sehingga tidak bisa diliberalisasi dan bisa menjaga kestabilan harga," ucapnya.

Selain itu, capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu berkomitmen terus mendorong Indonesia menjadi negara yang berdikari dalam pertanian.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4439 seconds (0.1#10.140)