Momen Ganjar Menikmati Nasi Leye Bareng Warga Wonosobo

Senin, 18 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
Momen Ganjar Menikmati Nasi Leye Bareng Warga Wonosobo
Capres 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo menikmati nasi jagung leye bersama warga di Pasar Kumandang Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023) pagi. FOTO/TPN GANJAR-MAHFUD
A A A
WONOSOBO - Usai menginap di rumah warga, Ganjar Pranowo langsung berkunjung ke Pasar Kumandang Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023) pagi. Calon presiden (capres) 2024 nomor urut 3 itu berdialog dengan tokoh masyarakat dan menikmati nasi jagung leye bersama warga.

Nasi jagung leye memang menjadi menu khas di pasar berkonsep wisata kuliner tersebut. Nasi jagung leye adalah berpaduan jagung yang sudah dimasak lembut, sedangkan leye tak lain adalah tiwul. Nasi ini akan bertambah lezat jika disajikan dengan sayur lumbu dan ikan asin.

Menurut Ganjar, potensi yang ada di desa tersebut sangat bisa dikembangkan menjadi wisata. Salah satunya adalah Pasar Kumandang.



"Sebenarnya banyak desa-desa wisata yang tumbuh, dan ini salah satu contoh yang bagus," kata Ganjar.

Ke depan, kata Ganjar, pemerintah harus membantu desa untuk menggali potensinya. Sehingga dapat dikembangkan menjadi wisata.

"Sangat bisa, potensi yang ada itu terus dikembangkan, dikenalkan dan dijadikan wisata, termasuk kuliner," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, jika setiap daerah mempunyai kesadaran untuk mengangkat potensi, maka kekayaan Indonesia akan lebih dikenal.

"Pemerintah nanti punya data potensi apa saja, kuliner apa saja dan bagus untuk dinikmati atau dikunjungi jika menjadi wisata. Pemerintah harus peduli itu," ungkapnya.



Ganjar telah berperan penting dalam pengembangan desa wisata di Jawa Tengah. Saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode, Ganjar menyalurkan bantun stimulan guna pengembangan desa wisata. Mulai desa wisata rintisan, berkembang dan maju. Ada sebanyak 818 desa wisata di Jawa Tengah yang hidup hingga 2023.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)