Gibran Dorong IKN Jadi Pembuka Peluang Kerja

Senin, 18 Desember 2023 - 01:00 WIB
loading...
Gibran Dorong IKN Jadi Pembuka Peluang Kerja
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendorong Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi pembuka peluang kerja. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mendorong Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi pembuka peluang kerja. Gibran melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat selama dua hari, termasuk kunjungan ke IKN.

Kegiatannya diawali di Kalimantan Timur pada Sabtu, 16 Desember 2023 bertemu dengan komunitas anak muda, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta melakukan konsolidasi dengan Kaltim Bergerak. Kunjungan ini juga mencakup IKN sebagai bagian dari komitmen Prabowo-Gibran untuk melanjutkan dan mempercepat aktivasi IKN.

Gibran juga menekankan bahwa pembangunan IKN di Kalimantan akan berkontribusi pada peningkatan ekonomi, terutama di wilayah Kalimantan dan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Dia mengatakan, dengan pembangunan IKN, ekonomi Kalimantan diharapkan akan meningkat.



Konektivitas dan akses akan lebih terbuka dan semua akan terus mendorong agar IKN ini menjadi pembuka peluang kerja. Gibran juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kalimantan atas dukungan mereka terhadap pembangunan IKN dan meminta agar pembangunan ini diawasi bersama.

Wali Kota Solo itu juga memberikan pesan kepada relawan dan Tim Kampanye Daerah (TKD) di Kalimantan Timur untuk tidak menghiraukan fitnah yang beredar. Menurutnya yang terpenting adalah para relawan tetap tenang dan fokus menuju kemenangan pada 14 Februari mendatang.

Program yang diusung Prabowo-Gibran termasuk menyediakan makan siang dan susu gratis untuk anak-anak, sebuah inisiatif yang telah diterapkan di 76 negara dan memberi manfaat kepada 400 juta anak.

Gibran juga melakukan pertemuan dengan para pemuda yang berkecimpung dalam industri kreatif di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam pertemuan itu, Gibran menyimak berbagai masukan dan berdiskusi dengan mereka.

Gibran mengatakan bahwa pertemuan serupa perlu dilakukan di setiap kota untuk merangkul pelaku industri kreatif, yang ia anggap penting untuk pengembangan negara. "Kalau siang hari ini bertemu dengan teman-teman industri kreatif, kita menampung beberapa masukan. Terkait musik, film, e-sport dan lain-lain," ujar Gibran di Kafe Open House, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (16/12/2023).

Gibran menekankan bahwa Indonesia adalah negara besar dan bahwa peran pelaku industri kreatif sangat penting untuk membantu Indonesia keluar dari perangkap pendapatan menengah. "Ya Indonesia ini kan negara besar ya. Kita harus bisa keluar dari middle income trap," ucapnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1593 seconds (0.1#10.140)