Sebelum Debat Capres, Andika Sempat Beri Masukan ke Ganjar soal Isu HAM

Rabu, 13 Desember 2023 - 20:18 WIB
loading...
Sebelum Debat Capres, Andika Sempat Beri Masukan ke Ganjar soal Isu HAM
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, di Gedung TPN Ganjar Mahfud, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023). Foto/MPI/Danandaya Arya Putra
A A A
JAKARTA - Dalam debat perdana yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo , menyampaikan komitmennya untuk membereskan persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa , sempat menyampaikan beberapa masukan kepada Ganjar terkait hal tersebut.

"Kita juga sudah memberikan masukan ke Mas Ganjar kemarin, sehingga apa yang disampaikan Mas Ganjar dialog dan seterusnya itu kan memang yang waktu itu saya lakukan jadi kita memberikan masukan dan mas Ganjar sangat setuju," kata Andika di Gedung TPN Ganjar Mahfud, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023).

Andika menyampaikan, dalan menuntaskan permasalahan HAM, perlu mengajak seluruh elemen termasuk kelompok-kelompok outlow, untuk duduk bersama mengadakan suatu berdialog. Sebab mereka juga warga negara Indonesia yang tetap menjadi tanggung jawab negara.

"Mereka juga masyarakat Indonesia hanya memang ada kelompok-kelompok yang kita sebut outlow mereka-mereka yang enggak ikut aturan dan bahkan mungkin tidak punya nilai-nilai kemanusiaan, tetapi mereka adalah tanggung jawab kita," katanya.



"Sebisa mungkin apa yang dikatakan Mas Ganjar ya, kita perlu dialog, kita perlu menjelaskan dan kita juga perlu berusaha untuk merangkul mereka tetapi juga dengan batasan Karena bagaimana pun negara kita adalah negara hukum," sambungnya.

Sebelumnya, Ganjar ingin mengembalikan Undang-Undang (UU) Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) untuk membereskan persoalan pelanggaran HAM. Diketahui, beberapa pasal UU KKR telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

“Mari kita ciptakan kembali Undang-Undang KKR. Mari kita hadirkan kembali Undang-Undang KKR agar seluruh persoalan-persoalan pelanggaran HAM itu bisa kita bedakan,” kata Ganjar menjawab pertanyaan dari Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan saat debat Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) malam.

Kata Ganjar, persoalan pelanggaran HAM harus dituntaskan. Dengan begitu, bangsa Indonesia akan maju dan tidak berpikir mundur. "Dengan cara itu sehingga bangsa ini akan maju dan tidak lagi kemudian berpikir mundur karena persoalan-persoalan seperti yang tidak pernah dituntaskan, kita harus tuntaskan itu," ucap Ganjar.

Debat perdana Pilpres 2024 digelar KPU, Selasa (12/12/2023) malam. Ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo hadir didampingi para cawapresnya yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Tema debat capres 2024 yang dimoderatori Valerina Daniel dan Ardianto Wijaya ini antara lain pemerintahan, hukum, HAM, dan pemberantasan korupsi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)