Mahfud MD Dapat Sapaan Uwa dari Seniman Sunda, Perindo: Bentuk Penghormatan

Selasa, 12 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
Mahfud MD Dapat Sapaan Uwa dari Seniman Sunda, Perindo: Bentuk Penghormatan
Ketua Bidang Keagamaan Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad menilai sapaan uwa yang diberikan kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD merupakan suatu penghormatan. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Keagamaan Partai Perindo Abdul Khaliq Ahmad menilai sapaan 'uwa' yang diberikan kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD merupakan suatu penghormatan. Sebelumnya, pasangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu mendapat julukan atau sapaan akrab dalam budaya Sunda dengan sebutan 'uwa' yang disematkan oleh para pendukung, budayawan, seniman, dan generasi muda Bandung.

"Tentu ini adalah sebuah penghormatan dan apresiasi masyarakat Sunda khususnya Jawa Barat pada umumnya terhadap Mahfud MD yang dinilai sangat pantas untuk mendapatkan panggilan 'uwa'," kata Abdul Khaliq kepada wartawan, Selasa (12/12/2023).

Menurut Abdul yang juga merupakan Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat II ini mengatakan, panggilan 'uwa' merupakan simbol penghormatan terhadap orang yang dituakan dalam suku Sunda. Selain itu, sebutan 'uwa' juga memiliki nilai yang sifat universal.





"Sebutan Uwa itu jauh lebih terhormat ketimbang sebutan-sebutan lain dalam bahasa Sunda misalnya Mang atau Kang, karena Mang itu konotasinya ditunjukkan kepada mereka yang biasa berdagang dan Kang itu terlalu normatif dan sifatnya umum," jelasnya.

Karena itu, Abdul Khaliq menegaskan, sebutan 'uwa' kepada Mahfud MD selain merupakan bentuk penerimaan masyarakat Jawa Barat yang tulus kepada Mahfud juga karena Mahfud dinilai sebagai sosok cawapres yang memiliki kearifan, integritas, dan kapasitas untuk memimpin bangsa dan negara bersama dengan Ganjar Pranowo.

"Mudah-mudahan masyarakat nusantara, Indonesia juga akan menerima Pak Mahfud dan Pak Ganjar Pranowo. Baik sebagai pasangan capres dan cawapres maupun sebagai tokoh bangsa yang hari ini sedang berkompetisi memasuki area Pemilu 2024 yang akan datang," pungkasnya.

Sebelumnya, Mahfud MD diberikan julukan Uwa oleh seniman dan anak-anak muda Bandung. Julukan itu merupakan sapaan atau panggilan dalam budaya Sunda. Panggilan itu diberikan kepada pasangan Mahfud saat Meet and Greet di Bandung Interactive Hub, Jalan Maskumambang Nomor 39, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023).

Seniman Sunda Budi Dalton menilai warga Jawa Barat (Jabar) harus menyematkan sapaan khusus kepada Mahfud. Hal itu perlu dilakukan supaya lebih akrab dengan tokoh tegas berintegritas yang juga punya julukan pendekar hukum dan konstitusi itu.

"Banyak sekali di dalam momen pilkada atau pilpres itu kan ingin punya sapaan," ujar Budi.

"Kita melihat posisi bapak yang memang kalau dalam buku Sunda itu bapak itu ramah. Jadi romo sudah ada di taraf selesai dalam hidup. Maka, Uwa adalah sebutan yang paling sangat berharga, Uwa kami," sambungnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)