Ubah KRI Teluk Weda-526 Jadi Perpustakaan Terapung, Letkol Ricky T Raih Penghargaan

Senin, 11 Desember 2023 - 20:40 WIB
loading...
Ubah KRI Teluk Weda-526 Jadi Perpustakaan Terapung, Letkol Ricky T Raih Penghargaan
Ubah KRI Teluk Weda-526 jadi perpustakaan terapung, Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto perwira TNI AL meraih penghargaan tingkat nasional. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Komandan KRI Teluk Weda-526, Letkol Laut (P) Ricky Tacomariyanto perwira TNI Angkatan Laut (AL) meraih penghargaan tingkat nasional Festival Music dan Budaya Anak Indonesia..

Kegiatan yang diinisiasi oleh Simfoni Bintang Kecil dengan tema ”Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia” ini diselenggarakan di Jakarta Internasional Stadium, Sabtu, 9 Desember 2023.

Letkol Ricky mendapat penghargaan dengan kategori sebagai Anak Bangsa Pemerkasa. Penerima penghargaan merupakan orang-orang yang berjasa bagi kemajuan anak-anak generasi muda bangsa Indonesia, termasuk di antaranya Titiek Puspa, Kak Seto, Purwa Caraka Susi Susanti, Najwa Shihab, Raffi Ahmad, Putri Ariani dan sejumlah nama besar lainnya.



Letkol Ricky merupakan Inisiator Perpustakaan Terapung Pertama di KRI Teluk Weda-526, di mana salah satu indikator dari kemajuan suatu bangsa adalah tingkat kecerdasan, tingkat minat membaca dari generasi penerus bangsa tersebut. Letkol Ricky melihat bahwa minat baca maupun tingkat belajar generasi penerus bangsa ini masih kurang. Hal tersebut yang mendasari dalam pembuatan perpustakaan terapung.

Saat bertugas di wilayah Indonesia Timur tepatnya di Sorong, Papua pada 2004-2005, Letkol Ricky melihat di sana banyak anak yang tidak dapat sekolah di usia mereka, hingga tidak memiliki biaya untuk sekolah. "Padahal seharusnya mereka mengenyam pendidikan, harusnya mereka sekolah agar bisa membaca dan mengenal angka,” ucapnya, Senin (11/12/2023).



Melihat kondisi tersebut, Letkol Ricky yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-48 pada 2002, menginisiasi membuat sesuatu yang baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Letkol Ricky mengaku terinspirasi ketika melaksanakan pendidikan Ecole de Guerre di Prancis di mana anak-anak memiliki minat baca yang luar biasa dan pemerintah luar negeri juga mendukung buku-buku yang berkualitas untuk meningkatkan minat baca anak.

Saat Letkol Ricky kembali ke Tanah Air, Letkol Ricky berharap pendidikan dapat diberikan secara merata kepada anak-anak di seluruh Indonesia, khususnya di pesisir Indonesia Timur. Sebagai langkah awal, Letkol Ricky membagi fungsi KRI Teluk Weda-526 yang kebetulan juga bertugas dan beroperasi di Koarmada III Sorong, di samping menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI juga berfungsi sebagai perpustakaan terapung bagi anak-anak di sana.

Kehadiran KRI Teluk Weda-526 merupakan hal yang ditunggu oleh anak-anak di wilayah Indonesia Timur, terutama anak-anak yang berada di pulau-pulau yang terpencil. Di mana buku terutama buku cerita bagi mereka merupakan hal yang jarang mereka temui.

Sebagai informasi sebelumnya Letkol Ricky pada 13 November 2023 lalu, juga menerima penghargaan Soedirman Awards dari Panglima TNI kategori Tentara Inovatif atas idenya membuat KRI Teluk Weda-526 mempunyai fasilitas perpustakaan terapung, tempat yang nyaman bagi anak anak Indonesia Timur untuk belajar dan menuntut ilmu.

Selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu mewujudkan prajurit yang profesional, modern, dan tangguh. Muhammad Ali sangat mengapresiasi atas inisiasi pembuatan perpustakaan terapung di dalam KRI. Hal ini sebagai komitmen TNI AL dalam memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, yaitu meningkatkan minat baca anak-anak khususnya di pesisir Indonesia Timur.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4582 seconds (0.1#10.140)