Hasil Survei ASI, Ganjar-Mahfud Tempel Ketat Prabowo-Gibran

Senin, 11 Desember 2023 - 16:41 WIB
loading...
Hasil Survei ASI, Ganjar-Mahfud Tempel Ketat Prabowo-Gibran
Lembaga ASI merilis hasil jajak pendapat terbaru mereka di Jawa. Hasilnya Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 30,7%, Prabowo-Gibran 34,2%, dan Anies-Muhaimin 26,3%. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil jajak pendapat terbaru mereka dengan tajuk Peta Elektoral Pilpres 2024 di Pulau Jawa. Hasilnya elektabilitas pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus menempel elektabilitas paslon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ganjar-Mahfud memperoleh 30,7%, Prabowo-Gibran sebanyak 34,2%. Sementara di posisi paling bawah ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan suara dukungan sebesar 26,3%. "Yang tidak tahu/tidak jawab 8,7 persen," kata Direktur Eksekutif ASI Ali Rif’an dalam keterangannya, Senin (11/12/2023).

Menurut Ali, faktor yang paling berpengaruh dalam memilih presiden yaitu program kerja 30,7%, disusul kemudian berkarakter jujur dan dapat dipercaya 19,5%. Kemudian berpengalaman di pemerintahan sebanyak 10,6%, cerdas 8,0%, dan peduli dengan rakyat 7,9%.

Wilayah survei ini adalah Jawa (Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur) dengan populasi penduduk Indonesia berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. Survei dilakukan dengan cara tatap muka, yaitu responden diwawancara secara langsung dengan menggunakan kuesioner oleh enumerator. Proses pengambilan data dilakukan pada 28 November-5 Desember 2023

Melalui metode multistage random sampling, sampel sebanyak 1200 responden, margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Pewawancara minimal mahasiswa atau sederajat dan mendapatkan pelatihan secara intensif di setiap pelaksanaan survei.

Untuk mastikan kebenaran data, sebanyak 20% dari total responden dikontak kembali guna keperluan konfirmasi dan verifikasi. Validasi data sampel dilakukan dengan membandingkan karakteristik demografis dari sampel yang diperoleh dari survei dengan populasi yang diperoleh melalui data sensus (BPS) terakhir.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)