Eks Kabais: PKI Sudah Mati, tetapi Ideologinya Tetap Bertahan

Jum'at, 12 Januari 2018 - 16:29 WIB
Eks Kabais: PKI Sudah Mati, tetapi Ideologinya Tetap Bertahan
Eks Kabais: PKI Sudah Mati, tetapi Ideologinya Tetap Bertahan
A A A
JAKARTA - Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Laksda TNI (Purn) Soleman Ponto mengatakan, bicara soal komunisme dalam konteks keindonesian bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) memang tidak akan lagi bangkit secara organisasi seperti di tahun 1960-an. Namun, sebagai sebuah ideologi memang masih tetap ada sampai sekarang meski sudah bangkrut di mana-mana.

"Harus diingat juga bahwa indikasi bangkitnya PKI sekarang ini lebih pada konteks orang-orangnya masih sama, kondisi lingkungan sekitarnya masih sama sehingga sangat mungkin itu bangkit kembali," ujarnya di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Dia memberikan, contoh soal kasus Palu Arit di Banyuwangi yang sekarang sedang ramai dibicarakan. Dia berpandangan, isu komunis sering kali muncul ke permukaan ketika ada momen politik seperti pilkada ataupun pilpres.

"Ini bisa menjadi isu dalam pertarungan politik, tapi bahwa dalam konteks hari ini isu lama seperti Nasakom (nasionalis, agama, komunis) akan selalu bertarung ya. Kembali lagi karena orang dan lingkungan masih sama-sama," jelasnya.

Sebagai mantan prajurit TNI, Soleman berpendapat bahwa PKI itu sudah mati tetapi sebagai ideologi masih akan selalu ada. "Tentang kasus Palu Arit di Banyuwangi itu, memang basis tradisional PKI dari dulu ya di daerah-daerah itu. Maka jangan heran kalau hari ini mulai ada gerakan untuk bangkit kembali," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0261 seconds (0.1#10.140)