ADSI Tegaskan Panggung Rakyat Bertema Bongkar Tak Terkait Pilpres

Sabtu, 09 Desember 2023 - 17:29 WIB
loading...
ADSI Tegaskan Panggung Rakyat Bertema Bongkar Tak Terkait Pilpres
Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) membuat acara Panggung Rakyat bertema Bongkar di Stadion GBK, Jakarta. Foto/MPI/giffar rivana
A A A
JAKARTA - Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) membuat acara Panggung Rakyat bertema Bongkar yang diikuti ratusan tokoh, mulai dari seniman, budayawan, dan aktivis di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. ASDI menegaskan panggung rakyat ini tidak terkait dengan Pilpres 2024.

Acara ini diisi oleh orasi beberapa tokoh seperti aktivis HAM Usman Hamid, budayawan Goenawan Mohamad, pakar politik Ikrar Nusa Bhakti, seniman Inayah Wahid, mantan petinggi KPK Laode Muhammad Syarif, hingga ekonom Faisal Basri serta Rhenald Kasali.

Termasuk seperti Zoemrotin K. Soesilo, Neng Rukka Sombolingi, Encep Arif Afandi, Yuniyanti Chuzaifah, Erry Riyana Hardjapamekas, Zenzi Suhadi, Karlina Supelli, A. Alex Junaidi, Surya Anta Ginting, Andreas Harsono, Danang Widoyoko, Ririn Sefsani, Neng Dara Affiah, Alif Nurlambang, Melki Sedek Huang, Muhammad Suhud, M. Roni Syamsuri, Abdullah Riansyah, Arya Dewi Prayetno, dan Ahmad Tomi Wijaya.



Selain orasi, acara juga dimeriahkan oleh para musisi ternama seperti Kotak, PAS Band, The Black Stones Band, Anto Baret & Andi Malewa, Iwa K, Young Lex & Friends, Tony Q, Marjinal, Endank Soekamti, Jamrud dan Horja Bius.

Ketua Panitia Panggung Rakyat Bongkar Raiden Soedjono mengatakan kegiatan bertema Bokar dibuat demi mengingatkan tentang bahaya korupsi dan cara menyelesaikan kasus rasuah.



"Termasuk, memperkuat lembaga KPK yang terus dilemahkan oleh kekuasaan serta memberi penghormatan terhadap hak asasi manusia sebagai pilar penting demokrasi, sebagaimana deklarasi hak asasi yang sudah diratifikasi," kata Raiden, Sabtu (9/12/2023).

Raiden menyebut Panggung Rakyat yang dimulai pada Sabtu pada 13.00 WIB tidak dibuat demi kepentingan politik praktis menyambut Pilpres 2024 RI. "Acara tersebut tidak terkait dengan pilpres, melainkan untuk mengingatkan para calon pemimpin bangsa, agar menempatkan pemberantasan korupsi dan penegakan HAM masuk dalam agenda prioritasnya," ujar Raiden.

Raiden menambahkan Panggung Rakyat ASDI ini juga dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi & HAM Sedunia pada Hari yang jatuh pada hari ini 9 Desember 2023.

Dia mengatakan panitia acara tidak memungut biaya bagi warga yang ingin hadir terlibat dalam panggung rakyat untuk menguatkan semangat antikorupsi. ”Semua ini dilakukan agar masyarakat selalu ingat bahwa musuh terbesar negara saat ini adalah korupsi yang membuat rakyat jauh dari kesejahteraan," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)