Cerita Pengalaman Jadi Gubernur, Ganjar Ngaku Dapat Inspirasi dari Perempuan saat Ambil Kebijakan

Jum'at, 08 Desember 2023 - 15:09 WIB
loading...
Cerita Pengalaman Jadi Gubernur, Ganjar Ngaku Dapat Inspirasi dari Perempuan saat Ambil Kebijakan
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menilai perempuan merupakan elemen berpengaruh dalam mengambil keputusan pada sebuah kebijakan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menilai perempuan merupakan elemen berpengaruh dalam mengambil keputusan pada sebuah kebijakan. Dari perempuan, ia mengaku telah mendapat inspirasi dari perempuan saat mengambil kebijakan. Salah satunya, saat dirinya menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Sejak saya jadi Gubernur, saya diajari bagaimana kelompok perempuan ini dalam mengambil keputusan politik selalu terpinggirkan, termajinalkan, itu menginspirasi saya," ujar Ganjar saat berpidato di acara deklarasi Progresif di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023).



Capres yang diusung Partai Perindo ini merasa perempuan lebih hebat dari laki-laki. Saat pandemi Covid-19, kata Ganjar, perempuan telah mengambil alih peran laki-laki sebagai pencari nafkah.

Saat itu, lanjutnya, PHK terjadi di mana-mana, ekonomi hancur, jualan konvensional diusir oleh Satpol PP. Kala itu juga, Ganjar dihubungi oleh ibu-ibu agar bisa membantu perekonomian keluarga.

Kepada Ganjar, seorang ibu meminta agar Ganjar dapat mencarikan pekerjaan untuk sang suami. Namun, Ganjar sempat bertanya kepada ibu tersebut cara bertahan dari pandemi.

"Saya bertanya, bagaimana cara hidup ibu? (kata si ibunya) 'hari ini saya lah yang mengambil alih sebagai kepala keluarga.' Wow. Perempuan," tuturnya.

"Nah, kisah itu bapak ibu yang menginspirasi saya kemudian untuk memberikan pelatihan agar mereka bisa bergesar dari cara jual konvensional, masuk ke digital," imbuh Ganjar.



"Itulah yang menginspirasi kita untuk mendorong kelompok perempuan agar bisa sama sederajat dengan laki-laki, termasuk dalam dunia usaha. Ini cerita penting," tandas Ganjar.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)