Ini Alasan Ganjar-Mahfud Kampanye di Kantong Suara Kecil: Kepemimpinan Itu Mendengarkan yang Paling Kecil

Jum'at, 08 Desember 2023 - 14:50 WIB
loading...
Ini Alasan Ganjar-Mahfud Kampanye di Kantong Suara Kecil: Kepemimpinan Itu Mendengarkan yang Paling Kecil
Capres Ganjar Pranowo saat berpidato dalam deklarasi Progresif di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023). FOTO/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan alasannya berkampanye di daerah kantong suara kecil di Pilpres 2024. Menurut Ganjar, kepemimpinan adalah mendengarkan yang paling kecil, mereka yang terpencil, dan memiliki banyak kebutuhan.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan sebagian pihak yang tak berkampanye di daerah kantong suara besar.

"Ada pertanyaan yang menarik masuk kepada saya. Pak Ganjar, hampir titik-titik yang Pak Ganjar datangi adalah daerah dengan suara atau potensi suara pemilih kecil. Kenapa Pak Ganjar tidak konsentrasi pada daerah dengan suara besar?" kata Ganjar saat berpidato dalam deklarasi Progresif di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Jumat (8/12/2023).



Menurutnya, itu merupakan pertanyaan jamak yang kerap muncul bahwa seolah-olah sebuah kepemimpinan itu lahir dari daerah yang memiliki perolehan suara besar.

"Buat saya dan Pak Mahfud tidak. Sebuah kepemimpinan amanah rakyat itu mendengarkan yang paling kecil, yang paling terpencil dan yang paling banyak membutuhkan. Itu adil," kata Ganjar.

Untuk diketahui, Ganjar dan Mahfud memang kerap berkampanye ke daerah terpencil. Pada hari pertama kampanye, Ganjar berkampanye ke Merauke, Papua Selatan. Sementara Mahfud, ke daerah Sabang, Aceh.



Kampanye dilanjutkan Ganjar ke daerah NTT dan NTB. Tak lama berselang, Capres yang diusung Partai Perindo itu ke daerah Kendari, Sulawesi Tenggara dan Palu, Sulawesi Tengah. Teranyar, Ganjar sambangi Balikpapan dan IKN Nusantara.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)