KPK Dalami Keterlibatan Petinggi Parpol dalam Kasus Korupsi Pengadaan Sapi di Kementan

Jum'at, 08 Desember 2023 - 07:38 WIB
loading...
KPK Dalami Keterlibatan Petinggi Parpol dalam Kasus Korupsi Pengadaan Sapi di Kementan
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, penyidik bakal mendalami keterlibatan petinggi parpol dalam kasus dugaan korupsi di Kementan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendalami dugaan keterlibatan sejumlah petinggi partai politik (parpol) dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Adanya dugaan keterlibatan petinggi parpol itu disampaikan kuasa hukum mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Djamaludin Koedoeboen. Dia mengungkapkan para petinggi parpol itu terlibat dalam proyek di Kementan.

"Iya itu betul, pasti kami akan dalami lebih lanjut," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Jumat (8/12/2023).



Keterlibatan petinggi parpol bukan terkait dengan kasus dugaan pemerasan di Kementan yang menjerat SYL. Petinggi parpol itu diduga terlibat dalam kasus korupsi lainnya di Kementan yang sedang diselidiki KPK.

"Karena ini kan dua hal berbeda dengan perkara Pak SYL yang saat ini sedang berproses di penyidikan atas dugaan pemerasan. Substansi perkaranya itu berbeda. Termasuk kemudian dipenyidikan di Polda Metro Jaya dengan tersangka Pak FB (Firli Bahuri) itu adalah bukan perkara yang saat ini sedang berjalan di KPK dengan tersangka Pak SYL," ungkap Ali Fikri.



Dalam penyelidikan kasus tersebut, KPK tengah mengumpulkan keterangan sejumlah pihak untuk menemukan adanya peristiwa pidana. Jika telah ditemukan unsur pidananya, KPK akan menetapkan pihak yang menjadi tersangka.

Meski demikian, Ali belum dapat membeberkan lebih detail soal penyelidikan yang tengah digelar KPK tersebut. Dia menyebut, penyelidikan akan terganggu jika pihaknya membuka detailnya ke publik luas. Ali hanya menyebut dugaan korupsi itu terkait pengadaan sapi di Kementan

"Tetapi betul bahwa sebagaimana yang disampaikan oleh pimpinan KPK, kami sedang melakukan proses penyelidikan atas dugaan pengadaan sapi di Kementerian Pertanian atas laporan masyarakat beberapa waktu lalu," ujar Ali Fikri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)