Mahfud MD Siap Perbaiki Ekosistem Pesantren dan Bekali Santri Go International

Selasa, 05 Desember 2023 - 23:07 WIB
loading...
Mahfud MD Siap Perbaiki Ekosistem Pesantren dan Bekali Santri Go International
Cawapres Mahfud MD dalam acara Silaturahmi bersama Pimpinan Pondok Pesantren, Madrasah, dan DKM se-Jabodetabek di iNews Tower, Jakarta, Selasa (5/12/2023) malam. FOTO/MPI/GIFFAR RIVANA
A A A
JAKARTA - Calon wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengungkapkan dirinya akan fokus membenahi ekosistem pesantren dan membekali santri agar bisa bersekolah hingga keluar negeri.

"Kita fasilitasi (santri dan pesantren) untuk go international. Agar pesantren itu unggul terus kita kembangkan," kata Mahfud dalam acara Silaturahmi bersama Pimpinan Pondok Pesantren, Madrasah, dan DKM se-Jabodetabek di iNews Tower, Jakarta, Selasa (5/12/2023) malam.

Mahfud mengatakan, saat ini sudah banyak santri yang memang sukses hingga mendapatkan gelar Pascasarjana, dan kuliah di luar negeri. Namun, hal tersebut merupakan prestasi pribadi, bukan prestasi lembaga pesantren itu sendiri.



"Nah besok, kita buat ekosistem seperti itu (go international) karena pesantren itu lebih punya tanggung jawab moral, katena sejak kecil santri-santri sudah dididik," kata Mahfud.

Sebelumnya, Mahfud MD berjanji memberikan perhatian khusus pada memakmurkan pesantren di Indonesia jika dirinya dan Ganjar Pranowo terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024.

"Saya memberi perhatian khusus kepada pesantren. malah kita akan melanjutkan kebijakan pemerintah yg lalu, zaman Pak Jokowi itu ada," kata Mahfud usai acara silaturahmi.

Mahfud mengatakan memakmurkan pesantren sudah masuk dalam Undang-Undang pesantren. Dana dari pemerintah sebesar Rp128 triliun digunakan untuk memakmurkan pesantren.



"Yang dibuat oleh pemerintah kemarin, itu kita lanjutkan dengan lebih di-manage. Karena, Islam di Indonesia ini wajahnya ada di pesantren, yaitu Islam yang rukun, damai, penuh rahmat dan kasih sayang," ujarnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)