Soal Debat Cawapres, Partai Perindo Minta KPU Konsisten Jalankan Aturan

Senin, 04 Desember 2023 - 19:10 WIB
loading...
Soal Debat Cawapres, Partai Perindo Minta KPU Konsisten Jalankan Aturan
Koordinator Juru Bicara Nasional DPP Perindo Heri Budianto meminta KPU agar format baru debat Capres dan Cawapres sesuai aturan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Koordinator Juru Bicara Nasional DPP Perindo Heri Budianto meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar format baru debat Capres dan Cawapres di Pilpres 2024 sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang (UU) Pemilu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Hal ini disampaikan Heri Budianto merespons polemik debat khusus cawapres pada Pilpres 2024 mendatang yang diubah KPU RI.

"Kami ingin KPU konsisten menjalankan aturan itu. Tidak kemudian KPU mengubah format itu, lalu kemudian melemparkan wacana ke publik dan ini menjadi perdebatan-perdebatan yang tidak sesuai dengan mekanisme yang ada," kata Heri Budianto, Senin (4/12/2023).



Heri Budianto -- yang juga merupakan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD ini mengatakan, masyarakat Indonesia butuh tontonan yang menarik dalam acara debat tersebut. Mereka ingin melihat seberapa jauh kemampuan para capres dan cawapresnya dalam menjawab persoalan.

"Sehingga masyarakat bisa menilai kemampuan potensi serta gagasan-gagasan capres maupun cawapres yang kemudian mereka nanti memberikan suara pada pencoblosan 14 Februari 2024 nanti," kata Caleg DPR RI Dapil Bengkulu ini.



Untuk diketahui, pada Pilpres 2024, KPU akan mengubah format debat yang khusus hanya diikuti oleh cawapres seperti Pilpres 2019 lalu. Dalam Pemilu 2024 kali ini cawapres turut mendampingi pasangan masing-masing saat debat capres, begitu juga ketika debat cawapres. Adapun perbedaannya hanya pada proporsi bicara masing-masing, tergantung agenda debat hari itu.

Sebelumnya, KPU telah menetapkan debat capres dan cawapres Pemilu 2024 tetap berlangsung 5 kali, dengan rincian tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. "Tetap ada debat cawapres. UU Pemilu menentukan ada lima kali debat. Tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Jumat, 1 Desember 2023.

Hasyim menjelaskan debat ini telah disepakati oleh tiga pasang capres-cawapres ketika mengadakan pertemuan dengan KPU. Mereka dipastikan hadir dalam debat tersebut. "Supaya publik makin yakin team work antara Capres dan Cawapres dalam penampilan di debat," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)