Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ganjar Serap Aspirasi soal Hak Politik

Minggu, 03 Desember 2023 - 10:40 WIB
loading...
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Ganjar Serap Aspirasi soal Hak Politik
Capres Partai Perindo nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menegaskan, kaum disabilitas harus mendapatkan hak politik yang sama agar Pemilu 2024 ini nyaman. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Partai Perindo nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menegaskan, kaum disabilitas harus mendapatkan hak politik yang sama agar Pemilu 2024 ini nyaman bagi semua golongan.

Dirinya menerima banyak aspirasi saat menyambangi teman-teman disabilitas di Lombok di Graha Futsal, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) bertepatan dengan hari Disabilitas Internasional (HDI), Minggu (3/12/23).

Ganjar menyampaikan, sebagai dari mereka masih merasa kesulitan untuk menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) karena keterbatasan akses. Selain itu, kata Ganjar edukasi soal pemilu yang minim membuat kaum disabilitas merasa kebingungan dalam memberikan hak suara pada pesta demokrasi kali ini.

"Tadi mereka menyampaikan siapa pernah memilih saya Pak, 'apa kesulitan mu' akses untuk menuju bilik suara bahkan beberapa diantaranya ternyata membutuhkan pelatihan pendamping karena mereka ada kebingungan karena itu besok memilih DPR, memilih Presiden memilih DPD maka kemudian mereka cukup diajari kalau tidak bingung," katanya.



Dia meminta agar pihak terkait penyelenggaraan pemilu mampu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan kaum disabilitas.

"Butuh satu ruang khusus dengan kebutuhan mereka yang sifatnya khusus, maka kami berharap betul tolong KPU menyediakan fasilitas itu," katanya.

"Pasti bisa minta dukungan dari pemerintah daerah, Bawaslu tolong dibantu untuk mengawasi teman teman disabilitas bisa memberikan hak suaranya dengan enak nyaman dan bisa dilakukan dengan mudah," sambungnya.

Dalam acara itu, Ganjar juga menyapa kaum disabilitas perwakilan 38 Provinsi melalui daring. Pada kesempatan itu, mereka mengungkap bahwa selama ini kebutuhan akses disabilitas seringkali terlupakan.

"Tadi ada yang menyampaikan 'Di sini udah pakai kursi roda, Pak, tapi saya sulit untuk naik tangga, Bapak tolong berikan akses'. 'Pak saya tunanetra, tolong pak saya berikan jalan ada tandanya dan kami tau'," kata Ganjar Pranowo.

Ruang-ruang publik yang ada dinilai kurang memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas. Oleh karenanya, Ganjar menyampaikan komitmennya untuk mendorong penyediaan inklusivitas infrastruktur yang ramah bagi kawan-kawan disabilitas.

Selain itu, Ganjar berkeinginan agar kaum disabilitas dapat memiliki kesetaraan dalam segala aspek, mulai dari pendidikan, akses ruang publik, hingga ekonomi. Sehingga perlu untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6757 seconds (0.1#10.140)