Berduka 2 Prajurit Gugur di Papua, Panglima TNI: Mereka Prajurit-prajurit Terbaik

Jum'at, 01 Desember 2023 - 14:36 WIB
loading...
Berduka 2 Prajurit Gugur di Papua, Panglima TNI: Mereka Prajurit-prajurit Terbaik
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berdukacita atas gugurnya dua prajurit TNI di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Foto/MPI/giffar rivana
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berdukacita atas gugurnya dua prajurit TNI di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Kamis, 30 November 2023. Dua prajurit tersebut gugur akibat diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Dua prajurit tersebut merupakan Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad). "Dengan adanya prajurit yang gugur saya selaku Panglima TNI berdukacita pada prajurit-prajurit terbaik kita," kata Agus di Mabesad, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Agus mengatakan, pihaknya akan memenuhi kewajiban dan hak bagi anggota keluarga yang ditinggalkan dari kejadian nahas tersebut.



"Kewajibannya, hak-haknya akan kita penuhi, ada dari Asabri itu Rp450 juta, kemudian juga ada 12 kalau gaji, itu satu tahun ya, kita berikan gaji penuh, ada dari BRI, BJN, kurang lebih hampir 600 juta lebih lah, per orang nya," ucap Agus.

Sebelumnya, KKB Papua kembali melakukan penyerangan terharap pasukan TNI di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Kamis, 30 November 2023. Akibat penyerangan tersebut, dua prajurit Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad) gugur.



Saat kejadian, kedua prajurit TNI AD itu menempati pos yang sama seperti empat anggota lain yang gugur diserang KKB teroris, pada Sabtu, 25 November 2023.

Saat ini, dua prajurit yang gugur tersebut juga sudah dievakuasi. Dua prajurit Kostrad yang gugur adalah Pratu S dan Prada P. Petugas gabungan juga sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku penyerangan prajurit Kostrad tersebut.

Sebelumnya, empat prajurit Kostrad TNI AD gugur ditembak KKB Papua di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, pada Sabtu, 25 November 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)