Dukung Visi Indonesia Emas 2045, CEO OPZ Gelar Forum Nasional untuk Perkuat Ekosistem Zakat

Rabu, 29 November 2023 - 21:32 WIB
loading...
Dukung Visi Indonesia Emas 2045, CEO OPZ Gelar Forum Nasional untuk Perkuat Ekosistem Zakat
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, Prof. Dr. Waryono A. Ghafur secara simbolis membuka CEO OPZ Forum di Yogyakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto: iNews.id/Yohanes Demo)
A A A
YOGYAKARTA - Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat (FOZ) menegaskan pentingnya penguatan ekosistem zakat memberikan dampak positif terhadap pembangunan negara dan pencapaian visi Indonesia Emas 2045. Hal ini dibahas dalam agenda rutin tahunan yang mempertemukan Chief Executive Officer (CEO) Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) di seluruh Indonesia tersebut, kali ini mengusung tema ‘Penguatan Ekosistem Zakat Menuju Indonesia Emas 2045’, digelar Yogyakarta, Rabu (29/11/2023).

“Dalam perjalanan gerakan zakat pada isu pengentasan kemiskinan, kami juga mengupayakan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, kami membentuk kompartemen beasiswa, yang mana satuan program beasiswa yang dimiliki OPZ member FOZ,” ujar Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman, saat memberikan sambutan dalam forum.

Salah satu upaya tersebut, kata dia, adalah gagasan program magang kampus yang terintegrasi dengan pemagangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan RI. Program tersebut dibiayai melalui dana zakat, dalam hal ini, mahasiswa penerima beasiswa diberi ruang untuk belajar bersama di lembaga-lembaga yang tergabung di dalam forum OPZ.

Di samping itu, menurutnya, gerakan zakat juga menjawab kebutuhan pragmatis, dengan secara tanggap melakukan respons kemanusiaan seperti salah satunya yang terjadi di Palestina.

“Kami mengkoordinasikan penyaluran anggota Forum Zakat secara terstruktur, berkolaborasi dengan banyak stakeholder, salah satunya Kementerian Luar Negeri,” kata Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X yang diwakilkan oleh Asisten Seksa PSDM, Sugeng Sugeng Purwanto mengatakan tantangan terbesar gerakan zakat adalah meningkatkan pemahaman pada masyarakat terhadap zakat. Pihaknya menilai terhadap pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk membentuk generasi terbaik pada tahun 2045.

“Kolaborasi dalam persiapan generasi terbaik pada tahun 2045 ini membutuhkan kepercayaan dari umat Islam juga para ulama,” ujarnya.

Dukung Visi Indonesia Emas 2045, CEO OPZ Gelar Forum Nasional untuk Perkuat Ekosistem Zakat

Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman saat memberikan sambutan dalam acara CEO OPZ Forum di Yogyakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto: iNews.id/Yohanes Demo)

Pihaknya juga mengapresiasi, menyambut baik dan siap berkolaborasi bersama dengan stakeholder lain demi terwujudnya pengelolaan zakat yang efektif dan berdampak bagi pembangunan negara.

Menurutnya, potensi zakat di Indonesia sangat luar biasa. Pengumpulan zakat, infaq dan sedekah menjadi salah satu instrumen yang sangat penting khususnya dalam aspek keagamaan yang mampu menciptakan keadilan sosial ekonomi, “Melalui pengumpulan dana ZIS, kita mampu memberikan solusi nyata dalam memperkuat perekonomian umat, termasuk di antaranya adalah melalui penciptaan dana abadi yang berkelanjutan,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)