Presiden Jokowi Lantik Menantu Luhut Letjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Rabu, 29 November 2023 - 14:14 WIB
loading...
Presiden Jokowi Lantik Menantu Luhut Letjen TNI Maruli Simanjuntak Jadi KSAD
Presiden Jokowi resmi melantik Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat ( KSAD ) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) itu menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang diangkat menjadi Panglima TNI.

Pelantikan Maruli Simanjuntak yang merupakan menantu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres RI) Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Demi Tuhan saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Presiden Jokowi yang ditirukan Letjen Maruli saat pelantikan.



"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit, kiranya Tuhan menolong saya," kata Jokowi lagi yang diikuti Maruli.

Hadir dalam pelantikan tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menhan Prabowo Subianto, Sekretaris Mendagri Tito Karnavian, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan KSAL Muhammad Ali.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)