Awali Kampanye Pilpres di Merauke, Tunjukkan Komitmen Ganjar Membangun Desa

Selasa, 28 November 2023 - 21:08 WIB
loading...
Awali Kampanye Pilpres di Merauke, Tunjukkan Komitmen Ganjar Membangun Desa
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengawali kampanyenya di Desa Waninggap Nanggo, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2203). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengawali kampanyenya di Desa Waninggap Nanggo, Merauke, Papua Selatan, Selasa (28/11/2203). Pemilihan desa sebagai tempat kampanye perdana menegaskan komitmen pasangan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD itu mendahulukan desa dalam pembangunan.

"Dengan narasi si anak desa, Ganjar ingin menegaskan dirinya sebagai anak desa yang punya komitmen kuat membangun desa," kata pengamat politik dari Citra Institute Yusak Fachran dalam keterangannya, Selasa (28/11/2023).

Yusak memuji pengalaman Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode menjadi modal kuat memahami kompleksitas tantangan yang dihadapi desa. Meski begitu, Dekan FISIP Universitas Pamulang ini mengatakan, masih ada hal-hal yang perlu diperkuat Ganjar.





"Yang perlu dilakukan Ganjar adalah bagaimana memperkuat sumber daya manusia (SDM) desa. Program dana desa yang sudah ada harus tetap dilanjutkan," katanya.

Menurut Yusak, aparatur desa harus diperlakukan sebagai mitra, bukan sekadar alat pengerek elektabilitas pada masa kampanye. Untuk itu, harus ada program untuk meningkatkan kapasitas mereka.

"Ganjar harus fokus pada bagaimana meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mewujudkan desa modern," katanya.

Yusak menyarankan, Ganjar memiliki grand desain penyaluran dan realisasi penyerapan dana desa bisa lebih optimal dengan mengedepankan anggaran berbasis kinerja dan peningkatan kualitas sumber daya manusia pendamping desa. Dengan begitu, maka manfaat dana desa dapat segera dirasakan.

"Ganjar harus punya program konkret untuk pengembangan desa di semua sektor berbasis pemberdayaan masyarakat," katanya.

Untuk diketahui, Ganjar memulai kampanye Pilpres 2024 di Desa Waninggap Nanggo, Merauke. Adapun cawapres Mahfud MD mengawali dari Sabang, Aceh.

"Hal ini memperlihatkan komitmen kami untuk mendahulukan desa dalam pembangunan. Dengan itu kalau Indonesia mau dibangun lebih baik, maka desa-desanya harus menjadi lebih baik dahulu," kata Ganjar.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2957 seconds (0.1#10.140)