Hadiri Wisuda Prabhatar, Kapolri Sebut Wujud Komitmen Sinergisitas dan Soliditas TNI-Polri Sejak Dini

Selasa, 28 November 2023 - 16:43 WIB
loading...
Hadiri Wisuda Prabhatar, Kapolri Sebut Wujud Komitmen Sinergisitas dan Soliditas TNI-Polri Sejak Dini
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri kegiatan Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian di Lapangan Sapta Marga Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023). Foto/MNC Media
A A A
JAWA TENGAH - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri kegiatan Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian di Lapangan Sapta Marga Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (28/11/2023).

Dalam amanatnya, Sigit menegaskan bahwa pendidikan bersama ini merupakan komitmen terwujudnya sinergisitas dan soliditas seluruh personel TNI-Polri yang ditanamkan sejak dini atau masa pendidikan.

"Pendidikan bersama ini juga merupakan wujud komitmen TNI-Polri untuk menjalin sinergisitas dan soliditas sejak dini," ujar Sigit dalam amanatnya di hadapan personel TNI-Polri.

Sinergisitas dan soliditas, kata Sigit, merupakan modal penting untuk seluruh jajaran TNI-Polri dalam menjalankan tugasnya ke depan. Terutama, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Hal ini penting karena TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," kata Sigit.

Menurut Sigit, sinergisitas dan soliditas TNI-Polri harus terus diperkuat atau diperkokoh guna menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.

Dalam kesempatan ini, Sigit menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yakni, TNI dan Polri harus terus meningkatkan sinergisitas, meningkatkan komunikasi dan interaksi, sering bekerja sama untuk memecahkan masalah-masalah bersama.

"Saya berharap pendidikan dasar integrasi kemitraan ini mampu menjadi perekat ikatan emosional di antara para taruna sehingga dapat terus bersinergi dan menjadi teladan bagi masyarakat dalam mempererat kebhinekaan," papar Sigit.

Lebih dalam, Sigit menekankan menjadi personel TNI-Polri harus selalu siap menghadapi segala bentuk tantangan tugas yang kadang tidak mudah. Di antaranya, ketidakpastian global, disrupsi teknologi dan kondisi geopolitik yang bisa berdampak terhadap keamanan dalam negeri.

Selain itu, Sigit mengungkapkan seluruh personel harus bisa memanfaatkan bonus demografi yang dihadapi bangsa Indonesia di tahun 2030 hingga 2035. Hal itu harus dijadikan peluang untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)