Penantian Panjang TNI AD Juara Lomba Tembak AARM ke-31 di Thailand

Jum'at, 24 November 2023 - 13:24 WIB
loading...
Penantian Panjang TNI AD Juara Lomba Tembak AARM ke-31 di Thailand
Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi memberikan motivasi kepada prajurit TNI AD yang akan mengikuti kejuaran lomba tembak AARM ke-31 di Thailand. Foto/Pen Kopassus
A A A
JAKARTA - Kontingen TNI Angkatan Darat (AD) berhasil merajai juara tembak dalam berbagai kategori pada lomba tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) 31 di Thailand. Lomba tembak antarprajurit Angkatan Darat yang diselenggarakan pada Minggu, 19-22 November 2023 TNI AD berhasil menjadi juara umum.

Dalam ajang bergengsi ini para petembak andal TNI AD diterjunkan di antaranya dari Satuan Kopassus, Kostrad, Kodam Jaya, Kodam II/SWJ, Kodam III/SLW, Kodam V/BRW dan Kodam XIV/HSN. Komando latihan menyiapkan masing masing petembak untuk kecabangan Senapan, Karaben, Senapan Otomatis, Pistol Putra dan Pistol Putri.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi mengatakan, dalam ajang ini, Kontingen Indonesia membawa 48 personel yaitu petembak sebanyak 25 orang; pendukung sebanyak 23 orang, Komando Latihan 18 orang, kemudian Observer sebanyak 3 orang dan perwakilan dari PT Pindad sebanyak 2 orang.



”TNI AD berhasil memenangkan perlombaan dengan mendapatkan 4 trophy. Rinciannya, 3 trophy individu dan 1 trophy Juara umum. Termasuk mendapatkan 8 emas; 8 Perak, dan 11 Perunggu,” ujarnya, Jumat (24/11/2023).

Keberhasilan meraih juara umum merupakan hari bersejarah bagi Kontingen Indonesia di Negeri Gajah Putih Thailand. Semua itu tidak luput dari tangan dingin dan perhatian khusus dari Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi yang memiliki segudang prestasi dan pengalaman menjadi Komandan Kontingen AARM ke 22 pada 2012 di Brunei Darrusalam dan berhasil menjadi juara umum.



”Berkat rahmat TUHAN YME serta atas komitmen yang sangat kuat mulai dari pucuk pimpinan TNI AD sampai dengan para atlet petembak Kontingen AARM ke 31 TNI AD dan disertai latihan yang sistematis dan terencana dengan baik selama lebih kurang 4 bulan di Kopassus Cijantung dan Divisi Infanteri 1 Kostrad, Kontingen AARM ke 31 TNI AD berhasil meraih juara umum dan ini sekaligus merupakan Juara Umum Perdana yang diraih Kontingen Indonesia pada Selasa 21 November 2023,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto memotivasi dan memacu semangat para petembak untuk kembali merebut predikat juara umum AARM yang di 2022 terlepas dari genggaman kontingen Angkatan Darat Indonesia. Saat itu kontingen Indonesia harus puas berada di posisi kedua, setelah kalah dari kontingen Angkatan Darat Vietnam yang juga merupakan tuan rumah AARM 2022.

“Setiap event itu situasinya berbeda. Kalian jangan terlena dengan euforia yang dulu-dulu juara. Jangan sampai kecolongan karena semua ingin jadi juara, semua ingin jadi nomor satu, baik dalam ekonomi maupun kekuatan militer. Bila kita tidak memahami lingkungan strategis, maka kita tidak bisa memenangkan (lomba),” ujarnya.

Sekadar informasi, lomba Tembak AARM yang pernah diselenggarakan di Thailand, Kontingen Indonesia kerap mengalami kekalahan bahkan sampai sebanyak 4 kali yaitu pada 1994, 2000, 2007 dan 2015, di mana saat itu kontingen TNI AD Indonesia hanya puas meraih juara dua.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)