Dikunjungi Ganjar Pranowo, Romo Magnis Bahas Kemerosotan Etika Demokrasi

Jum'at, 24 November 2023 - 12:45 WIB
loading...
Dikunjungi Ganjar Pranowo, Romo Magnis Bahas Kemerosotan Etika Demokrasi
Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Guru Besar Filsafat Moral Romo Franz Magnis Suseno di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta Timur. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Guru Besar Filsafat Moral Romo Franz Magnis Suseno di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta Timur.

Dalam pertemuan itu, Romo Magnid mengungkapkan pembahasan dalam perbincangan dengan Ganjar. Salah satunya, masalah persoalan bangsa seperti korupsi hingga kemerosotan etika demokrasi.

"Kami sebetulnya membicarakan bahwa Indonesia itu masih tetap mempunyai masa depan yang cerah, tetapi kita harus mengatasi masalah-masalah yang sekarang dirasakan, masalah seperti korupsi, masalah kemerosotan etika demokrasi," kata Romo Magnis, Jumat (24/11/2023).



Menurut Romo, etika demokrasi Indonesia harus kembali pada jalan integritas kejujuran. Romo menegaskan, politik bukan ajang untuk kontestasi menang-kalah belaka, melainkan untuk menyelamatkan Bangsa Indonesia. "Kita harus kembali kepada integritas kejujuran. Perpolitikan itu bukan memenangkan kiri-kanan, orang, tetapi memenangkan, menyelamatkan, memajukan Bangsa Indonesia dan itu yang kami bicarakan kurang lebih tadi," ucapnya.



Kendati demikian, Romo Magnis menegaskan, tidak memberi pesan kepada Ganjar melainkan hanya berdoa agar Tuhan selalu memberkati Ganjar. "Saya tidak ada pesan khusus. Semoga Tuhan memberkati dan silakan jalan terus," kata Romo Magnis.

Sementara itu, Ganjar merasa, sikap negarawan perlu ditanam oleh pemimpin negeri ini. Apalagi rakyat kecil tengah merasa kesulitan lantaran tak ada wakil rakyat yang memperjuangkan aspirasi.

"Itu sebenarnya mencolek hati para politisi kita-kita yang kemudian duduk dalam jabatan publik untuk lebih perhatian pada mereka. Beliau (Romo Magnis) cerita soal kemiskinan, soal akses-akses kemudahan menuju kesejahteraan ya, dan itu yang beliau ceritakan," kata Ganjar.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)