Menteri Kabinet Indonesia Maju Ikut Pemilu 2024, Wapres: Kinerjanya Bakal Diawasi

Jum'at, 24 November 2023 - 08:49 WIB
loading...
Menteri Kabinet Indonesia Maju Ikut Pemilu 2024, Wapres: Kinerjanya Bakal Diawasi
Wapres KH. Ma’ruf Amin memastikan akan mengawal dan mengawasi kinerja menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) di tahun politik. Foto/MPI/binti mufarida
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin memastikan akan mengawal dan mengawasi kinerja menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM) di tahun politik. Terutama, bagi menteri yang ikut kontestasi Pemilu dan Pilpres 2024.

“Saya tentu akan terus mengawal itu, mengawasi, dan saya akan terus mendorong bekerja sebagaimana biasa,” tegas Wapres saat memberikan keterangannya di Yunani, Jumat (24/11/2023).

Hal ini dilakukan, sebagai upaya untuk mencegah para menteri yang ikut berpolitik mengabaikan tugas negara yang diembankan kepadanya. “Karena pilpres pelayanan masyarakat tidak boleh berkurang, walau kita menghadapi pileg, pilpres, dan lain-lain,” tegasnya.



Ditanya mengenai para menteri yang memiliki pilihan politik berbeda apakah akan memengaruhi kinerjanya, Wapres menjawab perbedaan pilihan politik bisa saja mengganggu soliditas dan sinergitas kerja kabinet, serta dapat menghambat program-program pemerintah.

Namun demikian, sambungnya, apabila para menteri tersebut tetap patuh terhadap aturan yang ada, maka kegiatan politik mereka tidak akan mengganggu kinerjanya.

“Kalau bisa memosisikan diri dengan tepat, kapan dia harus mendukung calonnya, kapan dia bekerja. Kan ada aturan-aturannya, lalu aturan itu ditepati, bisa juga tidak terganggu kinerjanya. Jadi tergantung, menteri ini nanti melakukan, menggunakan kesempatannya yang ada [atau tidak],” imbuhnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2855 seconds (0.1#10.140)